Polda Aceh: 844 kendaraan bermotor keluar Aceh saat libur panjang

id Aceh,Polda Aceh,libur panjang,perbatasan Aceh Tamiang,pemerintah aceh,provinsi aceh,pemprov aceh

Polda Aceh: 844 kendaraan bermotor keluar Aceh saat libur panjang

Polisi lalu lintas mengatur mobil saat melintas di perbatasan Aceh-Sumatera Utara di Aceh Tamiang, Rabu (28/10/2020). Antara Aceh/HO

Banda Aceh (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh mencatat sebanyak 844 kendaraan bermotor berbagai jenis keluar dari provinsi itu melalui pintu perbatasan di Kabupaten Aceh Tamiang dengan Sumatera Utara pada hari pertama libur panjang.

"Hari pertama libur panjang ini tercatat 844 kendaraan bermotor keluar Provinsi Aceh. Jumlah ini meningkat signifikan dari hari biasa," kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: Polda Aceh kerahkan 1.022 polisi lalu lintas amankan libur panjang

Libur panjang berlangsung mulai 28 Oktober hingga 1 November 2020. Libur panjang ini dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan itu menyebutkan dari 844 kendaraan bermotor yang keluar Aceh dari pintu perbatasan Aceh Tamiang dengan Sumatera Utara tersebut didominasi mobil pribadi.

"Jumlah mobil pribadi dari Aceh menuju Provinsi Sumatera Utara mencapai 260 unit. Kemudian sepeda motor sebanyak 239 unit, angkutan barang 210 unit, serta angkutan umum 153 unit," katanya.

Baca juga: Polda Aceh sebut pengamanan libur panjang sasar pusat keramaian

Sedangkan kendaraan bermotor berbagai jenis yang masuk Provinsi Aceh melalui pintu perbatasan Aceh Tamiang, kata Dicky Sondani, tercatat sebanyak 805 unit.

"Kendaraan bermotor yang masuk Aceh didominasi mobil pribadi dengan jumlah mencapai 302 unit. Kemudian, sepeda motor 237 unit, angkutan umum 153 unit serta angkutan barang 152 unit," katanya.

Mantan Kapolres Aceh Tengah dan Kapolres Aceh Tamiang itu mengatakan jika melihat angka tersebut, animo masyarakat Aceh berlibur ke Sumatera Utara cukup tinggi. Begitu juga sebaliknya, banyak warga Sumatera Utara berlibur ke Aceh.

Baca juga: Tiga daerah di Aceh masih zona merah COVID-19

"Kami mengimbau masyarakat pengguna jalan raya tetap waspada. Saat libur panjang ini arus lalu lintas cukup padat dan curah hujan di Aceh cukup tinggi. Utamakan keselamatan," kata Dicky Sondani.

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar