Lebih dari itu, ketegasan tanpa pandang bulu untuk menindak para pelanggar protokol kesehatan jangan hanya dilakukan di Jakarta, tetapi di seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai ketegasan pemerintah dalam menegakkan aturan pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 merupakan langkah tepat yang harus didukung penuh masyarakat.

"Sudah seharusnya pemerintah bersikap tegas menegakkan aturan dalam pelaksanaan protokol kesehatan, dukungan masyarakat sangat diperlukan untuk menyukseskan langkah tersebut," kata Lestari Moerdijat atau Rerie dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurut Lestari, upaya pengendalian COVID-19 di tanah air dengan tindakan tegas membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

Baca juga: Presiden: Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi

Dia mengatakan dukungan masyarakat terhadap pemerintah dalam pengendalian COVID-19 bisa dalam bentuk menumbuhkan disiplin pribadi dan mengajak masyarakat di lingkungannya mematuhi protokol kesehatan.

"Lebih dari itu, ketegasan tanpa pandang bulu untuk menindak para pelanggar protokol kesehatan jangan hanya dilakukan di Jakarta, tetapi di seluruh Indonesia," ujarnya.

Rerie menilai keterlibatan aktif kepala daerah dalam mencegah terjadinya kerumunan massa di wilayahnya masing-masing sangat diharapkan.

Baca juga: Presiden tekankan pencegahan penularan COVID-19 mesti diutamakan

Menurut dia, langkah tegas yang diterapkan secara serentak dalam penanggulangan penyebaran COVID-19, sangat beralasan karena hingga hari ini secara nasional belum terjadi penurunan jumlah positif COVID-19 di Tanah Air.

"Apalagi sejumlah himbauan sudah berulang kali disampaikan pemerintah agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Dalam menegakkan aturan tersebut, menurut Rerie, aparat keamanan dan pemerintah daerah harus berpegang pada prinsip bahwa keselamatan warga masyarakat merupakan hukum tertinggi.

Dia mengatakan harmonisnya langkah tegas dalam menegakkan protokol kesehatan dan aktivitas masyarakat yang mampu menggerakkan roda perekonomian, merupakan kombinasi upaya yang tepat untuk melalui krisis di masa pandemi ini.

Baca juga: Menko Polhukam ajak ulama dan santri kampanyekan protokol kesehatan

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020