Tingkatkan ekonomi saat pandemi, Mojokerto studi ke Sorong-Papua Barat

id Papua Barat,wali kota mojokerto,studi banding,kota sorong

Tingkatkan ekonomi saat pandemi, Mojokerto studi ke Sorong-Papua Barat

Wali Kota Mojokerto, Jatim Ika Puspitasari (kiri) dan Wakil Wali Kota Sorong, Papua Barat Pahimah Iskandar (kanan) saat berdiskusi tentang perekonomian di Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (19/11/2020). ANTARA/Ernes Kakisina.

Sorong (ANTARA) - Wali Kota Mojokerto, Jawa Timur Ika Puspitasari bersama kepala-kepala organisasi perangkat daerah (OPD) mengunjungi Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Kamis, guna melakukan studi banding upaya peningkatan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

"Di masa pandemi COVID-19 Provinsi Papua Barat mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi dengan posisi tertinggi di Indonesia," kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Karena itu, kata dia, Pemerintah Kota Mojokerto memutuskan untuk melakukan kunjungan ke Provinsi Papua Barat guna melakukan studi banding.

Ia mengatakan kunjungan ke Kota Sorong menjadi pilihan guna melihat bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi agar tetap pada sisi positif tidak terpengaruh dengan pandemi COVID-19 yang begitu luar biasa berdampak pada sektor ekonomi.

Selain itu, Pemkot Mojokerto ingin menggali bagaimana strategi yang dapat dilakukan atau bisa melakukan diduplikasi mengenai pengelolaan pariwisata di Papua Barat, yang memiliki destinasi wisata yang terkenal di dunia yakni Raja Ampat dan beberapa daerah lainnya.

"Kami Pemerintah Kota Mojokerto juga ingin melihat pengelola destinasi di Sorong dan Raja Ampat yang merupakan destinasi wisata kelas dunia," kata Ika Puspitasari.

Wakil Wali Kota Sorong Pahimah Iskandar yang menerima kunjungan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama rombongan mengucapkan selamat datang dan berdiskusi tentang perubahan ekonomi Kota Sorong.

Dalam diskusi tersebut, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Sorong, Mery mengatakan bahwa kota tersebut adalah salah satu daerah penyumbang terbesar bagi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Papua Barat.

"Meskipun pandemi COVID-19 sektor konstruksi, perdagangan skala besar dan kecil, administrasi pemerintahan, perikanan, dan jasa transportasi tetap berjalan dan memberikan kontribusi terbesar bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Sorong," katanya.

Baca juga: Menaker salurkan bantuan JPS 15 kelompok perempuan di Mojokerto

Baca juga: Papua Barat dorong kawasan ekonomi baru wilayah transmigrasi Manokwari

Baca juga: Wali Kota Mojokerto penuhi panggilan pemeriksaan KPK

Baca juga: Sebabkan banjir di Kota Sorong, galian C ditinjau Gubernur Papua Barat

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar