..telah memiliki gigi permanen yang lengkap, sehingga kami telah merekomendasikan kesiapannya untuk lepas liar.
Jakarta (ANTARA) - Sepasang harimau sumatera atau Panthera tigris sumatrae yang diyakini saudara seinduk telah dilepasliarkan ke habitat alaminya oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat dan tim dari Yayasan ARSARI Djojohadikusumo pada Kamis (26/11).

Proses pelepasliaran harimau sumatera bernama Putra Singgulung dan Putri Singgulung tersebut dipimpin oleh BKSDA Sumatera Barat itu dilakukan selama dua hari.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno dalam keterangan diterima di Jakarta, Senin, menyampaikan apresiasi terhadap segenap pihak yang telah membantu upaya konservasi harimau sumatera itu mulai dari proses evakuasi, rehabilitasi hingga lepas liarnya.

“Dukungan berbagai pihak yang tidak pernah surut, apalagi di masa pandemi ini, merupakan sinergi yang amat penting untuk menjaga bumi kita dan kelestarian satwa liar di dalamnya,” katanya.

Baca juga: Pakar hewan liar: Harimau bisa beradaptasi dengan manusia

Baca juga: BKSDA Aceh lepas liarkan harimau sumatera ke hutan Gayo Lues


“Tentu saja perjuangan segenap pihak di berbagai wilayah di Sumatera akan menjadi catatan penting kita bersama dalam memastikan kelestarian harimau sumatera bagi generasi penerus kita,” ujar Wiratno.

Kepala BKSDA Sumatera Barat Erly Sukrismanto mengatakan proses lepas liar yang penuh haru tersebut dimulai dengan perjalanan yang ditempuh selama kurang lebih delapan jam.

Tim sempat mengalami hambatan tanah longsor yang mengakibatkan rombongan tim lepas liar yang terdiri dari tim BKSDA Sumatera Barat dan tim Yayasan ARSARI Djojohadikusumo, yakni tim medis Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya (PR-HSD) ARSARI turun dari kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

“Walaupun perjalanan cukup berat, namun kami sangat berbahagia bisa melaksanakan amanah dari Direktorat Jenderal KSDAE KLHK untuk mengembalikan sepasang satwa liar yang terancam punah ini kembali ke habitat alaminya,” kata Erly.

Harimau tersebut sebelumnya telah dititip rawat selama kurang lebih lima bulan di PR-HSD ARSARI. Putri Singgulung mulai direhabilitasi sejak 14 Juni 2020 dan Putra Singgulung sejak 29 Juni 2020, sebelum dilepas liar, keduanya telah diperiksa kesehatan pada 22-23 November 2020.

“Baik Putra maupun Putri dalam kondisi sehat, tidak ada gangguan fisik, pertumbuhannya signifikan, baik berat badan maupun panjang tubuh, serta telah memiliki gigi permanen yang lengkap, sehingga kami telah merekomendasikan kesiapannya untuk lepas liar,” kata dokter hewan Kartika Amarilis yang sekaligus Manajer Operasional PR-HSD ARSARI.

Saat proses pelepasan liar, Putra Singgulung terlebih dahulu melakukan lompatan pertama ke alam. Selanjutnya, barulah disusul oleh Putri Singgulung sekitar tiga jam kemudian.*

Baca juga: BBKSDA Sumut lepasliarkan harimau Sumatera ke TNGL Gayo Lues

Baca juga: KLHK lepasliarkan harimau Sumatera di Gunung Leuser

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020