BGR Logistics gandeng Mandiri dan BRI bantu UMKM bangkit dari pandemi

id BGR Logistics,UMKM,BUMN

BGR Logistics gandeng Mandiri dan BRI bantu UMKM bangkit dari pandemi

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, BUMN penyedia jasa logistik di Indonesia, meluncurkan dua aplikasi pangan yaitu "Mitra Warung Pangan" dan "Warung Pangan" untuk mendukung program #belanjadiwarungtetangga yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM. ANTARA/HO-BGR Logistics.

Jakarta (ANTARA) - BUMN logistik, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memberikan akses pinjaman untuk membantu UMKM bangkit dari pandemi COVID-19.

Sinergi BUMN itu hadirkan fitur baru pada aplikasi Warung Pangan, yakni "WP Fund" yang dapat digunakan oleh mitra Warung Pangan mendapatkan pinjaman atau modal kerja.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementrian BUMN, Loto Srianita Ginting dalam keterangan resmi yang diterima Jumat menyampaikan fitur WP Fund ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan BUMN terhadap pengembangan UMKM.

"Sehubungan dengan besarnya dampak COVID-19 pada UMKM dan memperhatikan peranan UMKM yang strategis dalam perekonomian Indonesia, nampaknya diperlukan kolaborasi dalam upaya mendukung bangkitnya UMKM, tidak hanya antar BUMN tetapi juga meliputi Kementerian, Lembaga, otoritas, akademisi, dan stakeholders lainnya," katanya.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit menambahkan pandemi COVID-19 bagi UMKM berdampak pada penurunan permintaan, kendala dalam pemasaran dan kesulitan bahan baku.

Berdasarkan survey Mandiri Institute yang dilakukan terhadap UMKM pada bulan Agustus - September 2020 menyatakan 67 persen UMKM menggunakan kanal daring dalam promosi dan penjualan dan bertahan lebih lama dalam menghadapi pandemi ini.

"Diharapkan pertumbuhan ekonomi akan semakin membaik seiring dengan program pemulihan ekonomi nasional yang sudah berjalan," katanya.

SVP Micro Development and Agent Banking Bank Mandiri, Ashraf Farahnaz mengatakan dukungan pembiayaan berbasis platform digital ini untuk mengakselerasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penguatan permodalan UMKM dengan mekanisme yang mudah dan handal.

"Mitra Warung Pangan akan mendapatkan kemudahan persyaratan pengajuan agar cepat mendapatkan approval," katanya.

Ia mencontohkan, mitra Warung Pangan yang akan mengajukan KUR Mikro dan KUR Kecil hanya dipersyaratkan mempunyai usaha produktif yang telah berjalan cuma enam bulan. Sedangkan mitra pemohon produk KUR yang kurang dari enam bulan cukup memenuhi salah satu persyaratan yang ada di menu "WP Fund" Bank Mandiri.

Direktur Keuangan & SDM BGR Logistics, Irma Setyowati mengatakan mitra Warung Pangan dimudahkan untuk mendapatkan KUR sehingga usaha warungnya dapat dioptimalkan lagi.

"Dengan KUR ini, selain dapat digunakan untuk mengembangkan usaha warungnya, mitra juga dapat menggunakannya untuk berbelanja kebutuhan pangan di aplikasi Warung Pangan yang kemudian akan mereka jual kepada masyarakat," kata Irma.

Baca juga: BGR Logistics kembangkan gudang modern di Palembang

Baca juga: BGR Logistics luncurkan dua aplikasi pangan

Baca juga: BGR Logistics: Fitur baru dalam aplikasi "Warung Pangan" bantu UMKM


 

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar