Jakarta (ANTARA) - Shopee menutup kampanye festival belanja akhir tahun dengan mencatatkan pencapaian terbaru melalui 12.12 Birthday Sale di Indonesia tahun 2020.

Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-5, Shopee memecahkan semua rekor pada tanggal 12 Desember, dimana 12 juta produk berhasil terjual dalam waktu 24 menit pertama, dan mencatatkan penjualan tertinggi dengan 1 juta produk terjual dalam 1 menit.

"Ini adalah rekor baru di mana 12 juta barang terjual dalam 24 menit, dan penjualan tertinggi di 1 juta produk terjual dalam 1 menit," kata Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto melalui jumpa pers virtual, Senin.

Baca juga: Harbolnas 12.12, waktunya belanja produk lokal

Baca juga: ShopeePay gaet pengguna dan perilaku baru berbelanja


Christin mengatakan, pengguna di Indonesia memanfaatkan kesempatan ini untuk memenuhi kebutuhan hiburan dan kebutuhan sehari-hari seperti perawatan dan kecantikan, perlengkapan rumah, dan ponsel serta aksesoris menjadi kategori dan produk terfavorit.

"Perawatan wajah menjadi prioritas pertama pengguna dalam menyambut hari raya dan tahun baru. Hingga 4.000 produk terjual tiap menitnya pada 12 Desember, dan masker wajah serta lipbalm menjadi produk terpopuler," jelas Christin.

Di kategori perlengkapan rumah, produk tempat penyimpanan terjual hingga mencapai 2,5 juta, salah satunya adalah packaging produk dan makanan.

Lalu, smartphone accessories terjual lebih dari 1,2 juta selama 24 jam pada 12 Desember.

Adapun kata kunci yang paling dicari pada 12.12 adalah "Checkout Rp100", yang merupakan salah satu promo pada puncak 12.12 Birthday Sale, lalu"gratis ongkir", menjadi salah satu kata kunci paling banyak dicari oleh pengguna.

Selain itu, Shopee melihat aktivitas belanja online bertumbuh pesat di luar wilayah Ibukota, dimana Jawa Barat mencatatkan lebih dari 1,3 juta produk terjual dalam 1 jam pada puncak kampanye.

Selain mengumumkan pencapaian 12.12, Shopee Indonesia juga mengumumkan Shopee Super Awards 2020 untuk mitra brand, mitra penjual, bank, logistik, merchant, partner enable, artis dan influencer di sejumlah kategori.

"Ke depannya, kami akan terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, memudahkan akses untuk memberikan pengalaman belanja online yang aman dan nyaman bagi pengguna, serta membantu bisnis menyadari peluang bertumbuh yang besar bersama e-commerce," pungkas Chief Executive Officer Shopee Chris Feng melalui keterangannya.

Baca juga: Aneka promo produk modifikasi otomotif IMX di Harbolnas

Baca juga: Shopee raih 6 kali lipat transaksi saat festival belanja 11.11

Baca juga: Bank dan dompet digital ini tawarkan promo Harbolnas 12.12

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020