Alhamdulillah Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara berjalan lancar
Tarakan (ANTARA) - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Utara nomor urut tiga, Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP dari hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan meraih 47.311 suara .

Pasangan Zainal-Yansen mengungguli dua pasangan lain, yakni paslon nomor urut satu, Udin Hiangio-Undunsyah, dan Paslon nomor urut dua, Irianto Lambrie-Irwan Sabri.

Rapat Pleno KPU Kota Tarakan yang dilaksanakan di Restoran Royal Crown, berlangsung lancar dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Hasil rekapitulasi di tingkat Kota Tarakan, paslon nomor urut tiga, Zainal Paliwang-Yansen TP memperoleh suara terbanyak dengan jumlah total 47.311 suara.

Pada urutan kedua paslon nomor urut dua, pasangan Irianto Lambrie-Irwan Sabri meraih 26.549 suara, dan paslon nomor urut satu, Udin Hianggio-Undunsyah dengan meraih 23.043 suara.

Pasangan Zainal-Yansen menang di semua kecamatan di Tarakan, yakni Kecamatan Tarakan Barat sebanyak 17.085 suara, Tarakan Tengah sebanyak 12.667 suara, Tarakan Timur sebanyak 11.242 suara, dan Tarakan Utara sebanyak 6.317 suara.

"Alhamdulillah Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara berjalan lancar. Terima kasih kepada seluruh penyelenggara pemilu baik Bawaslu baik tingkat kota, kecamatan sampai tingkat TPS yang telah memberikan masukan," kata Ketua KPU Kota Tarakan Nasruddin.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada tim paslon yang telah mengawal dengan baik perhitungan suara dari tingkat TPS sampai ke tingkat kota. Demikian juga dengan petugas keamanan yang memberikan rasa aman.

"Kami tidak peduli siapa yang menang, karena kami tidak ada kepentingan dan KPU lembaga vertikal. Apa yang dihasilkan hari ini itulah seperti yang ada di masyarakat," katanya.

Sementara itu tingkat partisipasi masyarakat Tarakan pada Pemilihan Gubernur Kaltara pada tanggal 9 Desember 2020 sebesar 69 persen dibanding Pilgub 2015 lalu sebesar 54 persen.
Baca juga: Cagub Kaltara Zainal Arifin mencoblos di kawasan kampung atas air
Baca juga: Cagub Kaltara Udin bawa poster dengan nomor satu usai pengundian

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020