Sejak September kami sudah meningkatkan kapasitas jaringan WiFi
Jakarta (ANTARA) - Graha Wisata Ragunan, Kota Jakarta Selatan, memfasilitasi jaringan internet cepat bagi pasien isolasi mandiri COVID-19 berkategori orang tanpa gejala (OTG) yang ingin merayakan Hari Raya Natal secara daring.

"Sejak September kami sudah meningkatkan kapasitas jaringan WiFi dari 10 menjadi 50 Mbps (Megabits per second)," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Anjungan dan Graha Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Ranty Ariany, saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Ranty menyebutkan, peningkatan kapasitas jaringan internet gratis (WiFi) ini bertujuan untuk memberikan layanan terbaik kepada para pasien isolasi mandiri berstatus orang tanpa gejala (OTG) agar selama menjalani karantina dapat nyaman.

Terhitung sejak 8 Desember 2020, Graha Wisata Ragunan yang terletak di wilayah Kebagusan, Kota Jakarta Selatan, telah menerima pasien OTG yang menempati kamar-kamar dari 78 kamar yang telah disiapkan untuk isolasi mandiri.

Pada perayaan Natal nanti, lanjut Ranty, tidak ada kegiatan atau pun acara khusus yang diadakan oleh pengelola Graha Wisata Ragunan, pasien hanya menjalani isolasi mandiri di kamar dan kegiatan untuk pemulihan seperti olah raga.

Baca juga: Graha Ragunan terima 10 pasien OTG untuk isolasi mandiri

"Paling mereka bisa merayakan Natal dengan video call bersama keluarga di kamarnya masing-masing," kata Ranty.

Ranty menyebutkan, hingga saat ini sudah ada 86 orang pasien OTG yang menjalani isolasi mandiri di Graha Wisata Ragunan. Setiap pasien menjalani masa isolasi selama 10 hari.

Dari jumlah tersebut, terdapat tiga orang pasien OTG yang beragama Kristen dan Katolik. Ketiganya dapat mengikuti misa Natal secara daring dengan dukungan jaringan internet cepat yang disediakan oleh Graha Wisata Ragunan.

Selain jaringan internet, fasilitas kamar di Graha Wisata Ragunan tidak kalah dengan penginapan kelas melati yakni pendingin ruangan, televisi, kamar mandi di dalam kamar dan layanan cuci baju.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menunjuk salah satu wisma milik pemerintah untuk dijadikan tempat isolasi mandiri pasien COVID-19, salah satunya Graha Wisata Ragunan.

Baca juga: Graha Ragunan batasi jumlah dan usia pegawai layani fasilitas isolasi

Penunjukan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 979 tahun 2020 tentang Lokasi Isolasi Terkendali Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Penanganan COVID-19.

Kepgub tersebut ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 22 September 2020. Lokasi isolasi mandiri itu tersebar di tiga kota yakni Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020