konsepnya adalah 'car free night' dan 'crowd free night', kita meminimalisir kerumunan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memerintahkan jajarannya untuk tidak segan mengangkut dan melakukan tes COVID-19 kepada pelanggar protokol kesehatan (prokes) di malam Tahun Baru 2021.

"Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan apabila menemukan ada kerumunan langsung dinaikkan ke kendaraan, dibawa ke lapangan Mapolda Metro Jaya untuk dilaksanakan testing baik rapid test antibodi maupun swab antigen," kata Irjen Fadil di Mapolda Metro Jaya, Kamis.

Baca juga: Polda Metro Jaya tutup layanan Samsat Keliling hingga 3 Januari 2021

Apabila kerumunan massa tersebut membawa kendaraan bermotor, Fadil juga memerintahkan jajarannya untuk mengangkut para pelanggar beserta kendaraannya ke Polda Metro Jaya.

"Ini dalam rangka pengamanan malam pergantian tahun, konsepnya adalah car free night dan crowd free night. Kita meminimalisir kerumunan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," tambahnya.

Baca juga: Catat, Polda Metro terapkan "Crowd Free Night" saat malam Tahun Baru

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk merayakan malam Tahun Baru di rumah demi keselamatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

"Kita sudah sosialisasi agar malam Tahun Baru tetap di rumah bersama keluarga. Hindari tindakan yang kontra produktif seperti kekerasan verbal maupun fisik," ujarnya.

Baca juga: Ingat, Polda Metro sekat 11 titik perbatasan saat malam Tahun Baru

Meski memerintahkan jajarannya untuk bertindak tegas, Fadil juga mengingatkan jajarannya untuk mengutamakan langkah persuasif humanis dalam bertugas.

"Perlakukan masyarakat secara humanis karena sejatinya operasi kita adalah operasi kemanusiaan," ujarnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020