Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mulai berkantor di Polsek yang berada di zona merah untuk memastikan jajarannya serius menegakkan protokol kesehatan demi menekan angka COVID-19 di Jakarta dan sekitarnya.

"Beliau Senin sudah berkantor di Polsek-Polsek melihat langsung bagaimana Kapolres, Kapolsek, Dandim dan Danramil ini bergerak menyadarkan masyarakat bahwa COVID-19 di Jakarta sudah rawan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Kamis.

Misalnya, kata Yunus, ada zona merah di Cengkareng. "Kapolda akan berkantor langsung di sana," katanya.

Yusri mengatakan langkah Fadil Imran ini adalah persiapan dari TNI-Polri terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa-Bali yang rencananya dilaksanakan serentak pada 11-25 Januari 2021.

"Ada wacana tanggal 11 sampai 25 (Januari 2021) ada PSBB secara serentak Jawa-Bali. Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya akan menyikapi hal ini, beberapa Kampung Tangguh telah kita buat kemudian Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) ini kita coba sampai bagian bawah. Mikro ini termasuk komunitas-komunitas yang ada," ujar Yusri.

Baca juga: Wagub DKI: 453 vaksinator disiapkan untuk pemberian vaksinasi
Baca juga: Ada anggota Dewan positif COVID-19, Gedung DPRD DKI tutup dua pekan


Tidak hanya Kampung Tangguh, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya juga juga memperluas program tersebut dengan membangun Asrama Tangguh dan Kantor Tangguh untuk menekan COVID-19 di berbagai lingkungan.

"Kemudian Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya membuat Kampung Tangguh atau RW Tangguh, beberapa Asrama Tangguh, Kantor Tangguh dibangun sebagai upaya yang kita lakukan," katanya.

Terkait berapa Kampung Tangguh yang disiapkan, Yusri mengatakan untuk saat ini direncanakan sekitar dua atau tiga Kampung Tangguh di setiap Polsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Menurut data Kepolisian, ada 55 RW yang menjadi zona merah di DKI Jakarta. Sedangkan wilayah hukum Polda Metro Jaya juga mencakup Depok, Bekasi dan Tangerang 
sehingga jumlah zona merah yang diawasi oleh Polda Metro dan Kodam Jaya juga bertambah.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021