Madiun (ANTARA) - Organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) Madiun memberangkatkan truk berisi bantuan kemanusiaan ke Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai upaua untuk meringankan beban korban bencana alam di wilayah itu.

Kepala Cabang ACT Madiun Wahyu Sulistianto Putro mengatakan bantuan kemanusiaan tersebut dikumpulkan dari masyarakat di wilayah Madiun Raya yang totalnya mencapai 5 ton lebih berbagai kebutuhan, khususnya makanan itu.

"Luar biasa antuasiasme dari warga Madiun Raya. Hanya dalam waktu lima hari, bantuan sebanyak 5 ton sudah terkumpul. Apresiasi tertinggi kami berikan kepada para donatur, baik dari individu dan komunal yang terdiri dari komunitas, birokrasi, dan lainnya," ujar Wahyu Sulistianto Putro dalam kegiatan pemberangkatan bantuan di posko peduli bencana kantor ACT Madiun, Kamis.

Menurut dia, bantuan sebanyak 5 ton tersebut terinci berupa beras, mi instan, bumbu masakan, air mineral, popok baik bayi maupun dewasa, dan lainnya yang sangat dibutuhkan bagi para korban bencana di pengungsian.

Bantuan yang dikumpulkan dan diberangkatkan itu, nantinya akan disatukan dengan bantuan yang berasal dari Provinsi Jawa tengah, Yogyakarta, dan Balinusra melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

"Setelah terkumpul dari sejumlah wilayah provinsi, bantuan akan diberangkatkan pada hari Sabtu pekan ini," katanya.

Diharapkan melalui bantuan kemanusiaan tersebut dapat meringankan beban para korban bencana banjir di Kalimantan Selatan.

Pemberangkatan bantuan kemanusiaan di kantor ACT Madiun itu juga dihadiri oleh perwakilan mitra, seperti Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, SMA 2 Madiun, dan komunitas lainnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021