Manado (ANTARA) - Sekitar 817 personal di jajaran Kodam XIII/Merdeka telah divaksin Covid-19 di beberapa fasilitas kesehatan yang dimiliki satuan teritorial itu.

Kepala Penerangan Kodam XIII/Merdeka, Kolonel Kavaleri M Jaelani, di Manado, Kamis, mengatakan, Kodam XIII/Merdeka menggunakan lima fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi serentak di berbagai wilayah jajaran Kodam XIII/Merdeka itu.

Baca juga: Kodim 0504/Jaksel lakukan vaksinasi bagi 457 personel TNI

"Di antaranya Rumah Sakt Tk II Robert W Monginsidi di Teling, Manado, Poli Kesehatan Kodam XIII/Merdeka, Rumah Sakit Tk III Sindhu Trisno di Palu, Rumah Sakit Tk IV Yanto di Poso dan Poli Kesehatan Militer Luwuk", katanya.

Ia menyatakan, di jajaran Kodam XIII/Merdeka masih terdapat empat fasilitas kesehatan yang belum melaksanakan vaksinasi karena alat vaksin belum terdistribusi di sana.

Baca juga: TNI kerahkan 20 penyuntik vaksin COVID-19 pedagang Pasar Tanah Abang

"Fasilitas kesehatan yang belum melaksanakan Vaksinasi di antaranya Polkes Satal, Rumkitban Kotamobagu , Rumkitban Gorontalo dan Rumkitban Toli-toli." kata dia.

Sementara Kepala Rumah Sakit Tk II Robert W Monginsidi, Kolonel CKM dr Fredrik PD, mengatakan untuk menekan angka penyebaran Covid-19, tentunya dengan menciptakan kekebalan kelompok melalui proses vaksinasi.

Baca juga: Panglima TNI: Kehadiran vaksin memberi harapan baru

"Tujuan vaksin untuk mencegah virus berkembang di tubuh kita, tentunya dengan vaksin ini kita dapat menciptakan yang namanya kekebalan kelompok." katanya.

Hingga Rabu (3/3) jumlah peserta vaksinasi yang telah melaksanakan vaksin berjumlah 817 orang.

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021