Payakumbuh (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Payakumbuh, Sumatera Barat, memastikan bahwa tidak ada satupun kader dari partainya yang mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB) yang dilaksanakan beberapa hari lalu di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Hingga saat ini memang tidak ada laporan dan diketahui bahwa ada kader Demokrat Payakumbuh yang berangkat ke KLB. Kami tetap konsekuen dan tegak lurus dengan kepemimpinan AHY," ujar kader Partai Demokrat , Armen Faindal, di Payakumbuh, Selasa.

Baca juga: Upaya perampasan Partai Demokrat dapat pengaruhi perekonomian

Kader Partai Demokrat yang juga wakil ketua DPRD Payakumbuh itu mengatakan, DPC Demokrat Payakumbuh akan tetap tegak lurus dengan kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang telah terpilih sesuai aturan.

"AHY terpilih secara aklamasi dan seluruh DPD dan DPC telah menggunakan hak suaranya. Ingat, bahwa (Partai) Demokrat itu aset bangsa, seharusnya aset bangsa ini harus kita jaga dan pelihara," ujarnya.

Baca juga: Seorang kader Demokrat mengaku dijanjikan Rp100 juta untuk ikut KLB

Ketua DPC Partai Demokrat Payakumbuh, Adi Suryatama, mengatakan DPC Partai Demokrat Payakumbuh memiliki sikap kepemimpinan AHY harga mati.
"Kami DPC Partai Demokrat se Sumatera Barat bersama DPD tetap tegak lurus mendukung penuh AHY sebagai ketua umum, tak bisa ditawar," ujarnya.

Bahkan, DPC Partai Demokrat Payakumbuh sudah membuat surat pernyataan tertulis tentang kesetiaan dan kebulatan tekad untuk tetap mendukung AHY untuk menjadi ketua umum DPP Partai Demokrat.

Ia menilai dari upaya kudeta ini, semakin menampakkan seluruh DPC Partai Demokrat se-Indonesia tetap solid mendukung AHY sebagai pemimpin partai berlambang bintang berkaki tiga itu.

Baca juga: DPD Demokrat Kalteng segera umumkan nama-nama "kader pengkhianat"

Baca juga: AHY akan maafkan Moeldoko jika akui kekeliruan ambil paksa PD


"Kami yakin, SBY dan AHY tentu kapabel dalam melakukan tindakan preventif guna mencegah meluasnya isu ini, guna menjaga gerakan ini tidak menjadi lebih besar dan merusak tatanan partai yang sudah ada," ujarnya.

Sebelumnya, seluruh jajaran partai demokrat tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Sumatera Barat telah mendeklarasikan penolakan terhadap isu KLB yang akan dilaksanakan jebolan partai berlogo mercy tersebut.

Baca juga: AHY temui Mahfud bahas situasi Partai Demokrat

Anggota DPR dari Fraksi Demokrat daerah pemilihan Sumatera Barat II, Rezka Oktoberia, di Payakumbuh, Jumat, mengatakan, kegiatan deklarasi penolakan KLB telah selesai dilaksanakan di salah satu tempat makan di Padang, Kamis (4/3).

"Hal ini untuk memperkuat konsolidasi dan soliditas Partai Demokrat di Sumatera Barat. Kami ingin tunjukkan kepada masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Barat, bahwa kami Partai Demokrat tetap solid bersama ketua umum AHY," kata dia.

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021