Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan Pusat Zeni AD akan membantu memperbaiki tiga jembatan yang rusak akibat terjangan bencana banjir bandang di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kita siapkan segera kirim ke Tanjung Priok. Ingat pengerjaan jembatan harus mandiri," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Kasad menegaskan pengerjaan secara mandiri oleh Pusat Zeni AD mulai dari lampu, alat berat dan semua peralatan yang dibutuhkan harus dibawa sekaligus, kata dia.

Ia mengatakan berbagai alat dan keperluan untuk memperbaiki tiga jembatan yang rusak akibat banjir bandang akan dibawa menggunakan Kapal Angkatan Darat Republik Indonesia (ADRI).

Baca juga: Kasad: Penerimaan prajurit TNI AD tanpa biaya apapun
Baca juga: Kasad motivasi Kopka Ade lekas pulih dan lihat buah hati jadi prajurit
Baca juga: Istri Kasad titip pesan pada putri Papua lulus seleksi TNI


Sebelum mengirimkan bantuan ke Bima, Kasad terlebih dahulu menerima laporan dari Panglima Kodam IX Udayana terkait kondisi terakhir di daerah itu.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat M Noer menyampaikan terima kasih atas bantuan TNI AD yang telah bersedia membantu memperbaiki akses publik tersebut.

"Terima kasih atas gerak cepat TNI AD dalam menangani jembatan yang putus," kata dia.

M Noer mengatakan jembatan yang putus tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat untuk kepentingan berlalu lintas hingga akses menuju desa-desa terpencil.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021