...ada wacana laga dengan penonton walau jumlahnya dibatasi. Tentu kami sangat senang karena seperti ada yang kurang kalau sepak bola tanpa penonton
Jakarta (ANTARA) - Ketua Viking Persib Club, kelompok suporter klub Persib Bandung, Herru Joko mengatakan bahwa mereka siap mengikuti semua regulasi jika penonton diizinkan untuk menyaksikan laga Liga 1 dan Liga 2 Indonesia di stadion.

"Kami pasti akan mematuhi aturan-aturannya," ujar Herru ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Selasa.

Menurut Herru, keinginan suporter sepak bola khususnya Viking sejatinya sederhana yaitu dapat menyaksikan sepak bola bergulir pada masa pandemi COVID-19. Ini sudah terwujud dengan bergulirnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021 pada 21 Maret-25 April.

Baca juga: Viking perkuat koordinasi cegah anggota berkerumun jika Persib juara
Baca juga: LIB yakin tiada perayaan suporter setelah final Persija versus Persib


Namun, Herru menyebut mereka tetap memendam harapan dapat memberikan dukungan langsung di stadion.

Oleh karena itu, ketika Presiden Joko Widodo memerintahkan Menpora, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk mengkaji keberadaan penonton di stadion, Viking menyambut dengan gembira.

"Saat ini sudah ada sepak bola saja sudah sangat beruntung. Lalu ada wacana laga dengan penonton walau jumlahnya dibatasi. Tentu kami sangat senang karena seperti ada yang kurang kalau sepak bola tanpa penonton," tutur Herru.

Presiden Joko Widodo meminta Menpora Zainudin Amali untuk mempelajari secara saksama soal potensi memberikan kesempatan kepada penonton untuk menyaksikan pertandingan Liga 1 dan Liga 2 di stadion saat pandemi COVID-19.

Proyeksinya, seperti disampaikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, stadion disiapkan untuk menampung penonton sejumlah sekitar 20-30 persen dari kapasitas maksimal stadion.

Akan tetapi, meski kabar soal penonton sudah menyeruak, penyelenggaraan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021 belum dapat dipastikan lantaran belum terbitnya izin keramaian dari Polri.

Baca juga: LIB: proposal izin keramaian liga diajukan usai rakor dengan Menpora
Baca juga: Menpora optimistis Polri beri izin keramaian Liga 1 dan 2

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021