Ratusan jamah calon haji Bulukumba-Sulsel telah divaksin COVID-19

id Vaksinasi lansia, vaksin CJH Sulsel, Kemenag Sulsel, CJH Bulukumba, Dinkes Bulukumba,jamah calon haji,covid-19

Ratusan jamah calon haji Bulukumba-Sulsel telah divaksin COVID-19

Pelaksanaan proses vaksinasi bagi lansia di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (FOTO ANTARA/Nur Suhra Wardyah)

Makassar (ANTARA) - Kepala Bidang Penyelenggaraan Umroh dan Haji Kanwil Kementerian Agama Sulsel Ali Yafid menyatakan sebanyak 409 jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan telah selesai disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama.

"Untuk sementara ini yang telah selesai divaksinasi COVID-19 adalah jamaah calon haji di Kabupaten Bulukumba, sedangkan Soppeng dan beberapa daerah lainnya sedang berlangsung," katanya di Makassar, Selasa.

Ia menjelaskan vaksinasi COVID-10 itu juga dilakukan di hampir semua kabupaten/kota se-Sulsel untuk persiapan pemberangkatan ibadah haji 1442 Hijriah atau tahun 2021 ini.

Pada umumnya di sejumlah daerah mendahulukan suntik vaksin bagi JCH kelompok lansia, namun JCH reguler lainnya juga diupayakan untuk mendapat jatah vaksin.

Meski diakui bahwa pemberangkatan JCH belum bisa dipastikan dan masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi, termasuk penentuan kuota bagi setiap negara, salah satunya Indonesia, namun vaksinasi tetap dilakukan.

"Lansia sudah divaksin, sisa regulernya yang saya minta dan sampaikan ke kepala seksi agar supaya dikomunikasikan ke Dinas Kesehatan atau puskesmas untuk tetap ikut vaksinasi," katanya.

Ia menegaskan vaksin bagi JCH tetap dianggap penting agar persiapan pemberangkatan jamaah asal Indonesia bisa lebih optimal sebelum adanya kepastian ibadah haji oleh Pemerintah Arab Saudi.

Meski demikian, ia menyadari bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi JCH cukup terhambat karena terkendala stok vaksin COVID-19 yang terbatas di sejumlah daerah.

"Ada yang lancar tetapi ada yang memang kabupatennya tidak cukup vaksin, jadi harus menunggu vaksinnya," kata Ali Yafid.

Pemberian vaksin bagi seluruh JVH Kabupaten Bulukumba juga dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba, dr Wahyuni, MARS.

Ia menyampaikan bahwa seluruh JCH telah dijadwalkan untuk pelaksanaan suntik vaksin dosis II pada bulan Ramadhan 1422 Hijriah ini.

"Untuk vaksin JVH dosis kedua sudah berlangsung sejak Senin (26/4) malam dan Selasa malam ini terakhir sampai selesai," ujarnya.

Kabupaten Bulukumba tercatat sebagai salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang menyiapkan layanan vaksinasi pada malam hari, seperti Kabupaten Barru, Pangkep, Luwu Timur, Sinjai, Gowa, Pinrang, Palopo dan Wajo, demikian Wahyuni.

Baca juga: 40 Persen Jamaah Bulukumba Usia Lanjut

Baca juga: Wamenag: Daftar tunggu haji paling lama ada di Sulsel

Baca juga: Haji batal, empat calhaj asal Sulsel tarik setoran pelunasan

Baca juga: Dana calhaj Sulsel siap dikembalikan bila ibadah haji 2020 ditiadakan

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar