Bandarlampung (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Lampung mencatat 1.453 pekerja hotel dan restoran di daerah itu mulai menjalani vaksinasi COVID-19.

"Hari ini PHRI bersama Dinas Kesehatan melaksanakan vaksinasi bagi pekerja hotel dan restoran yang ada di Provinsi Lampung," ujar Sekretaris BPD PHRI Lampung Friandi Indrawan di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan vaksinasi bagi pekerja hotel secara bertahap selama dua hari.

"Kita lakukan untuk 1.000 orang terlebih dahulu karena 400 orang lainnya ada yang terkendala akibat kormobid. Untuk sisanya akan menunggu jadwal serta ketersediaan vaksin," ucapnya.

Ia mengatakan 1.453 pekerja hotel dan restoran tersebut berasal dari 40 hotel dan restoran yang menjadi anggota PHRI Lampung.

"Diharapkan dengan adanya vaksinasi dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pariwisata," katanya.

Baca juga: Vaksinasi untuk pekerja hotel dan restoran masih jauh dari harapan

Ia mengatakan meski telah melaksanakan vaksinasi bagi pekerjanya, penerapan protokol kesehatan akan tetap diterapkan di lingkungan hotel ataupun restoran guna mencegah persebaran COVID-19.

"Vaksinasi menjadi angin segar bagi sektor pariwisata terutama perhotelan dan restoran, akan tetapi menjaga protokol kesehatan wajib kita lakukan terus menerus untuk mencegah persebaran COVID-19," ucapnya.

Dia mengatakan sektor pariwisata dan kreatif salah satu sektor prioritas untuk mendapatkan vaksin COVID-19 sebab kalangan tersebut rentan terpapar COVID-19.

"Pekerja sektor ini sangatlah rentan terpapar COVID-19 karena langsung berhadapan dengan pengunjung, dan diharapkan dengan adanya vaksinasi ini dapat membantu membentuk kekebalan komunal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," katanya.

Progres vaksinasi COVID-19 bagi petugas pelayanan publik Lampung pada Selasa (27/4) telah mencapai 130.148 orang yang memperoleh vaksinasi dosis pertama dengan total sasaran 409.854 orang.

Baca juga: PHRI siapkan strategi tingkatkan kembali hunian hotel
Baca juga: Bisnis hotel dan restoran di Sulteng bangkit di tengah pandemi

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021