Jakarta (ANTARA) - Memasuki minggu ketiga pelaksanaan ibadah puasa 1442 H, menu sahur dan buka harus semakin beragam agar ibadah puasa dapat dijalani dengan semakin baik.

Berikut adalah 5 ide menu untuk sahur atau buka seperti dalam siaran pers Viu yang terinspirasi dari santapan-santapan yang muncul dan dimakan dalam drama serial asal Negeri Ginseng yang tentunya sehat dan mudah untuk dibuat.

Baca juga: Tips dokter saat terpaksa santap nasi goreng saat sahur

Baca juga: MUI: Sahur dan iftar secukupnya agar sampah organik tak menumpuk


1. SALAD

Sayuran penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat Anda selama berpuasa. Selain itu, sayuran memiliki nutrisi tinggi alias cepat mengenyangkan.

Lihat saja Joo-eun (Shin Min-a) dalam "Oh My Venus" yang rajin makan salad sesuai anjuran pelatih Young-ho (So Ji-sub) agar tubuhnya sehat dan berat badannya turun, tapi tidak lemas dan kelaparan meski sibuk beraktivitas.

Salad yang ia makan berisi berbagai sayuran termasuk kentang dan apel. Anda bisa menambahkan nasi merah untuk asupan karbohidrat yang kaya serat. Bayangkan saja yang menyiapkan makanan sahur Anda seganteng So Ji-sub.

2. BUBUR AYAM

Ilustrasi Bubur Jahe. (ANTARA/HO/Viu Indonesia)
Bubur bagi Bong-sun (Park Bo-young) dalam “Oh My Ghost” menjadi comfort food yang bisa membangkitkan mood. Masakan ini juga termasuk berperan penting dalam hubungannya dengan Chef Sun-woo (Jo Jung-suk).

Anda bisa mencoba bubur ayam jahe dalam drama Korea “Oh My Ghost” dengan memasak bubur dari sisa nasi yang diberi kuah kaldu. Masukkan irisan ayam, irisan jahe, irisan daun selada, dan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga matang.

Bubur ayam cocok untuk sahur karena mudah mengenyangkan,terutama buat yang masih mengantuk tentunya perlu kerja keras untuk dikunyah.

Bubur ayam ala Bong-sun mengandung jahe yang baik untuk pencernaan sekaligus memberikan efek menghangatkan perut. Tambahkan pelengkap seperti kerupuk dan taburan daun bawang makin lebih nikmat.

Baca juga: Menu Ramadhan - Yogurt Delight Cake ala Henji Wong

Baca juga: Menu Ramadhan - Black bean spaghetti cah jamur keju


3. DUMPLING

Dumpling atau bakpao cepat mengenyangkan karena isi yang beragam—dari sayuran sampai bermacam protein hewani. Contohnya bakpao berisi udang rebus yang dibuat oleh Chef Seo Poong (Lee Jun-ho) dalam “Wok of Love”.

Dalam “Wok of Love,” bakpao yang dibuat Seo Poong berkulit tipis, nyaris transparan, sehingga saat disantap, kita langsung mencicipi cita rasa isi dari bakpao, tanpa harus bersaing rasa dengan kulitnya. Menurut Seo Poong, ketebalan kulit bakpao menunjukkan keterampilan pembuatnya.

Makanan ini tepat untuk mengisi kebutuhan energi Anda agar tidak cepat lapar ketika berpuasa. Siapkan bakpao sebelum tidur malam, dan saat bangun sahur bakpao tinggal dikukus agar bisa disantap selagi hangat.

4. KIMBAP

Ilustrasi Kimbap. (ANTARA/HO/Viu Indonesia)
Anda tak bisa sahur kalau tanpa nasi? Kenapa tidak mencoba kimbap, nasi yang digulung dalam lembaran rumput laut kering?

Anda bisa mengisi gulungan nasi itu dengan beragam lauk, antara lain suwiran ayam dengan potongan timun dan tomat, atau telur dadar. Rumput laut kering itu sendiri sudah memberikan rasa umami, sehingga Anda tak perlu menambahkan banyak bumbu.

Anda bisa menyiapkan kimbap ala Ha Baek si Dewa Air (Nam Joo-hyuk) dan So-a (Shin Se-kyung) dalam “The Bride of Habaek” beberapa jam sebelum sahur. Menyiapkan kimbap bersama pasangan ternyata bisa jadi aktivitas seru juga.

5. OLAHAN TELUR

Telur tak hanya kaya protein tapi juga nutrisi lainnya, seperti vitamin A dan zat besi, dan bisa diolah menjadi beragam hidangan praktis, termasuk untuk sahur.

Gyeran-mari atau rolled omelette (telur dadar gulung) ala Korea adalah pilihan tepat untuk sahur praktis Anda. Cara membuatnya pun simpel saja: Kocok telur (dua butir biar cadangan energi Anda banyak) bersama potongan daging asap jika mau, wortel, daun bawang dan bawang bombai, beri lada dan garam secukupnya, tambahkan sedikit susu, lalu goreng dengan minyak canola atau mentega. Anda bisa menyantapnya dengan nasi, atau hanya dengan tambahan taburan nori.

Gyeran-mari jadi menu favorit Jan-di (Koo Hye-seon) waktu piknik bersama Jun-pyo (Lee Min-ho) dalam "Boys Over Flowers" serta menu yang disukai Kim Tan (Lee Min-ho) ketika menikmati masakan rumahan di tempat Eun-sang (Park Shin-hye) dalam "The Heirs".

Baca juga: Menu Ramadhan - Chicken popcorn

Baca juga: Menu Ramadhan - Kue kurma sagu

Baca juga: Menu Ramadhan - Sirloin steak dengan saus chimicurri


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021