Jakarta (ANTARA) - Pasar Tanah Abang cenderung lengang di hari terakhirnya beroperasi sebelum penutupan sementara yang dijadwalkan berlangsung pada 12-18 Mei 2021.

Dari pantauan di sekitar Blok B dan Blok A Pasar Tanah Abang pada Selasa sekitar pukul 11.00-14.00 WIB, keadaan pasar di kedua blok pasar grosir tersebut tidak terlihat antrean pada pintu masuknya. Berbeda dari hari-hari sebelumnya yang diwarnai antrean pengunjung.

Di dalam Pasar Blok A, B, F dan G, di beberapa dinding pasarnya tertempel pengumuman mengenai penutupan gedung sampai jam 14.00 WIB dan penutupan kasir harus dilakukan pukul 12.00 WIB. Adapun pembukaan kembali Pasar Tanah Abang dilakukan pada 19 Mei 2021.

Di toko-toko yang menjual berbagai jenis pakaian juga terlihat kegiatan jual-beli tidak terlalu sibuk. Menjelang pukul 14.00 WIB atau waktu penutupan pasar, malah aktivitas di beberapa toko terpantau sudah mulai membereskan dagangannya.

Salah satu pedagang pakaian muslim di Blok B, Wawan mengaku sudah menyiapkan berbagai persiapan untuk ikut tidak buka saat 12-18 Mei 2021 yang disebut untuk perbaikan rutin itu.

Selama Ramadhan tahun ini, Wawan mengaku omzet penjualan di tokonya cenderung mengalami perbaikan dibandingkan tahun lalu. Tahun ini selama Ramadhan bisa menghasilkan penjualan Rp10-Rp15 juta per hari.

"Untuk penutupan besok sih agak berpengaruh juga. Tapi kami ikut arahan untuk tutup besok sampai 19 Mei 2021. Paling ketika tutup saya coba pulang kampung ke Rangkas Bitung," kata Wawan.

Baca juga: Pengunjung Pasar Jati Baru minim terapkan protokol kesehatan
Baca juga: Tim gabungan urai kepadatan lalu lintas dan pengunjung Tanah Abang
Situasi di depan gerbang Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang tertutup, Selasa (11/5/2021). (Antara/Ricky Prayoga)

Hal senada diungkapkan oleh salah satu pedagang peralatan shalat di Blok C Tanah Abang yang menyebutkan ikut ketentuan penutupan meski pada Ramadhan tahun ini penjualannya mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

"Ya saya ikut ketentuanlah. Kan gedung butuh di-maintenance, walaupun tahun ini (penjualan) agak meningkat dikit, tahun kemarin mah tutup, Alhamdulillah peningkatannya 20 persen. Tapi ini masih jauh di bawah penjualan tahun lalu," katanya.

Pada 12-18 Mei 2021, Pasar Tanah Abang ditutup untuk dilakukan perawatan (maintenance) rutin tahunan yang dilakukan selepas bulan Ramadhan.
Baca juga: Sudin Perhubungan tertibkan kendaraan di depan Stasiun Tanah Abang
Baca juga: Satpol PP tertibkan pedagang di trotoar dekat Stasiun Tanah Abang

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021