Peringatan Nuzulul Quran merupakan momentum introspeksi diri masing-masing untuk pengingat sejauh mana kadar pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Quran serta menjadi tolok ukur tingkat keimanan terhadap Allah SWT
Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sam Ratulangi menggelar peringatan Nuzulul Quran pada Ramadhan 1442 H di Masjid Al-Azhiim, Manado, Sulawesi Utara, Selasa.

Kegiatan itu dihadiri Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Satriyo Utomo, para pejabat kesatuan tersebut, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 9/D. II Reni Satriyo Utomo dan pengurus PIA AG Cab 9/D. II serta seluruh prajurit Lanud Sam Ratulangi

Danlanud Satriyo Utomo mengatakan peringatan Nuzulul Quran merupakan momentum introspeksi diri masing-masing untuk pengingat sejauh mana kadar pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Quran serta menjadi tolok ukur tingkat keimanan terhadap Allah SWT.

“Melalui peringatan Nuzulul Quran ini pula hendaknya dapat kita jadikan sebagai upaya untuk lebih mengenal dan memahami kandungan Al Quran, yang kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Danlanud mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk senantiasa meningkatkan kualitas iman dan takwa, dengan memperbanyak ibadah serta lebih memahami Al-Quran, dengan cara membacanya, mengkaji dan mengenal ayat-ayat Allah SWT lebih dalam.

Selain itu, kata Satriyo Utomo, juga mengamalkannya di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga terwujud rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar umat beragama secara tulus dan penuh semangat persatuan dan kesatuan.

Sementara itu ustadz H. Abid Takalamingan, dalam tausiahnya menyampaikan peringatan Nuzulul Quran merupakan momen istimewa turunnya Al Quran dan menjadi pedoman hidup bagi umat Islam.

“Al Quran diturunkan dalam malam kemuliaan, dengan membaca Al Quran berarti mengingat kebesaran Allah SWT dan hati akan terasa tentram, dengan Al Quran juga hidup kita akan terarah dan berada dijalan yang benar,” katanya.

Kegiatan itu diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 ketat, yakni jamaah selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak

Peringatan Nuzulul Quran itu mengangkat tema "Aktualisasikan Nilai-Nilai Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur'an dan Idul Fitri 1442 H/2021 M di tengah Pandemi COVID-19 guna mewujudkan TNI Kuat, Solid, Profesional dan di Cintai Rakyat"

Pada kesempatan yang sama Ustadz H. Abid Takalamingan, selaku Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sulawesi Utara berkesempatan untuk menyosialisasikan tentang zakat dan layanan Baznas.

Baca juga: Lanud Sam Ratulangi lakukan penyemprotan disinfektan cegah COVID-19

Baca juga: Baznas Sulut siapkan dapur umum korban banjir Manado

Baca juga: Terdampak COVID-19, warga dibantu sembako Baznas Sulawesi Utara

Baca juga: Baznas bentuk kampung pesantren di wilayah perbatasan Sulut

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021