Makassar (ANTARA) - Polres Maros, Sulawesi Selatan, mengetatkan pantauan dan pengamanan pemeriksaan swab antigen bagi penumpang yang tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

"Pengamanan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat telegram Kapolda dan surat perintah Kapolres Maros perihal pelaksanaan swaber/swab antigen bagi pelaku perjalanan pasca lebaran Idul Fitri 1442 H / 2021 M di Wilayah Provinsi Sulsel," kata Kapolsek Bandara, Iptu Asep Widianto di Makassar, Selasa.

Dia menjelaskan setiap penumpang yang tiba maupun yang akan berangkat di dan dari Bandara Sultan Hasanuddin akan menjalani tes swab sebelum kembali ke kediaman masing-masing.

Meski kemarin adalah puncak hari libur panjang pasca lebaran tahun 2021, namun pengawasan yang ditambah sepekan ke depan, patut dilakukan untuk mengantisipasi pelaku perjalanan baik transportasi udara, laut dan darat.

Baca juga: Polres Bandara Soetta ringkus 15 orang sindikat pemalsu hasil tes PCR

Alasannya, semua akan dilakukan pemeriksaan Swab Antigen khususnya yang baru tiba dari luar Sulsel sebelum kembali ke rumahnya masing masing.

Pentingnya pengawasan tes swab antigen penumpang tersebut, lanjut dia, bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Sementara itu, bagi penumpang yang terdeteksi hasil tesnya reaktif akan diminta untuk melakukan karantina.

Selain itu, pengawasan dan pemantauan juga dilakukan kepada petugas yang melaksanakan pemeriksaan.

Baca juga: Bandara Yogyakarta wajibkan penumpang tujuan Jakarta tes swab PCR

Baca juga: Sekda: Mulai 28 Mei pendatang ke Bali wajib bawa HASIL uji swab

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021