Jakarta (ANTARA) - TikTok meluncurkan program terbaru untuk usaha kecil dan menengah serta industri kecil dan menengah melalui pelatihan bisnis digital di #MajuBarengTikTok.

"UKM dan IKM merupakan bagian penting dari komunitas TikTok. Program #MajuBarengTikTok ini menjadi perwujudan nyata usaha kami untuk ikut mempercepat digitalisasi UKM dan IKM, serta merangkul target audiens yang lebih luas lagi melalui platform kami," kata Kepala UKM di TikTok Indonesia, Pandu Nitiseputro, saat jumpa pers online, Kamis.

Program #MajuBarengTikTok disokong oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, memberi pelatihan kepada pelaku usaha seputar bisnis yang memanfaatkan platform digital.

Baca juga: Kolaborasi IGI dan TikTok buat buku panduan digitalisasi pendidikan

TikTok Indonesia membuka pendaftaran bagi UKM di situs resmi mereka, peserta yang terpilih akan bisa mengikuti rangkaian pelatihan baik untuk tingkat pemula sampai tikat mahir.

TikTok menyediakan 10 kelas online gratis untuk pelatihan pemasaran digital, konten kreatif. akun TikTok for Business dan TikTok Ads. Semua pelatihan akan diadakan pada 3 hingga 29 Juni tahun ini.

Setelah mengikuti pelatihan bersertifikat ini, pelaku UKM diharapkan bisa langsung praktik didampingi tim dari TikTok Indonesia. Sejumlah peserta terpilih akan mendapatkan bantuan finansial berupa saldo iklan TikTok Ads.

Pelatihan ini dibuka untuk 50.000 UKM dan IKM lokal Indonesia.

TikTok sejak tahun lalu menyediakan platform untuk bisnis, TikTok for Business, yang dilengkapi peralatan untuk promosi dan berinteraksi dengan pengguna.

Sejak Agustus tahun lalu, TikTok for Business memberikan pelatihan bagi lebih dari 30.000 UKM di Indonesia.

Baca juga: Strategi TikTok dukung pendidikan lewat #SamaSamaBelajar 2021

Baca juga: Italia minta TikTok perketat pengguna anak-anak

Baca juga: TikTok siapkan program baru untuk UMKM

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021