Ternate (ANTARA) - Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Jeffry Apoly Rahawarin, meresmikan nama baru satuan yang dia kunjungi secara perdana, yaitu Korem 152/Baabullah di Ternate, Maluku Utara.

Satuan kewilayahan di Ternate itu mengambil nama pahlawan nasional dari Kesulkanan Ternate, Sultan Baabullah atau Babullah, yang juga dikenali sebagai Baab atau Babu dalam sumber Eropa. Ia merupakan sultan ke-7 dan penguasa ke-24 Kesultanan Ternate di Maluku Utara, yang memerintah antara 1570 dan 1583.

"Pergantian dan peresmian nama satuan Korem 152/Baabullah ini semoga menjadi pemicu semangat juang untuk mengabdi kepada NKRI khususnya di Maluku Utara," kata Rahawarin di Ternate, Selasa.

Baca juga: Korem 152/Babullah patroli disiplinkan warga COVID-19

Korem 152/Baabullah sebagai salah satu sub kompartemen strategis, mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memelihara dan menciptakan keamanan serta rasa aman masyarakat di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

"Seperti kita ketahui bersama, Korem 152/Baabullah memiliki wilayah yang sangat luas dengan potensi ekonomi dan sosial budaya yang cukup besar. Secara geografis memiliki nilai sangat strategis, karena wilayah ini yang memiliki nilai dan arti sangat strategis terutama dari aspek keamanan, ekonomi dan politik," ujar dia.

Baca juga: Korem 152/Baabullah sosialisasikan bahaya LGBT

Sedangkan secara demografis masyarakatnya cukup heterogen baik dilihat dari suku maupun agama.

Karena dengan kondisi wilayah seperti itu, membuka peluang bagi penduduknya untuk melakukan mobilitas dengan cepat sementara disisi lain di tengah kehidupan masyarakat akan berlangsung dinamika sosial cukup tinggi sehingga sedikit banyak berpengaruh pada perilaku dan gaya hidup masyarakat setempat.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan paparan Danrem tentang Situasi wilayah Maluku Utara terkini, personil dan materiil serta kegiatan satuan Korem 152/Baabullah kemudian dilanjutkan pengarahan Pangdam di Aula Markas Komando Korem 152/Baabullah.

Baca juga: Pangdam I/BB berangkatkan Satgas Apter ke Kodam XVI Pattimura

Hadir dalam acara itu Komandan Korem 152/Baabullah, Brigadir Jenderal TNI Imam Setiawan, para pejabat Kodam XVI/Pattimura, para kepala seksi kepala staf Korem 152/Baabullah, kepala Badan Pelaksana Kodem 152/Baabullah, dan seluruh perwira Korem 152/Baabullah.

Sebelumnya, sesampainya di Markas Komando Korem 152/Baabullah, Rahawarin disambut Setiawan dan para pejabat Korem 152/Baabullah serta hormat jajar prajurit Korem 152/Baabullah.

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021