Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial mendorong pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) untuk meningkatkan kapasitas diri dalam memperkuat sumber daya manusia (SDM) dalam penanganan stunting atau tumbuh pendek pada anak, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Kepala Badan Pendidikan Penelitian Penyuluhan Sosial (BP3S) Kemensos Syahabuddin mengatakan para pendamping sudah dibekali dengan menambahkan modul tentang stunting dalam pendidikan dan pelatihan, dengan itu diharapkan para pendamping PKH mampu menjadi duta perubahan.

“Saya harapkan saudara ini menjadi duta sosial, duta pencegahan dan penanganan stunting dengan perspektif kesejahteraan sosial tentunya,” kata Syahabuddin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dalam acara daring bertajuk Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Stunting bagi SDM Kesejahteraan Sosial sesi Sinkronus Tahun 2021, Syahabuddin mengatakan pendamping PKH dapat bermitra dengan siapa pun di lapangan, dengan tujuan untuk memperkaya khazanah dan penguatan pencegahan maupun penanganan stunting di masyarakat, terutama bagi keluarga penerima manfaat PKH.

Sebelumnya, Mensos Tri Rismaharini menyatakan siap menindaklanjuti arahan Presiden untuk penanganan stunting di Indonesia. Program penanganan stunting, kata Risma, bakal dimulai di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Saya akan bekerja sama dengan BKKBN sebagai ketua pelaksana program penurunan stunting. Kami akan memulai program ini dari Provinsi NTT,” kata Risma.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo meminta agar sosialisasi pencegahan stunting disambungkan dengan program perlindungan sosial pemerintah, terutama Program Keluarga Harapan (PKH) dan pembagian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako dan pembangunan infrastruktur dasar yang menjangkau keluarga-keluarga yang tidak mampu.

Untuk memperkuat berkomitmen dalam pencegahan stunting di Indonesia, salah satunya dilakukan Kemensos dengan memberikan bantuan pangan, berupa beras khusus yang sudah difortifikasi atau diberikan tambahan mikronutrien dengan harapan dapat memenuhi gizi warga.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021