Perdana menteri menyatakan dukungannya untuk Olimpiade Tokyo, dan menyambut baik upaya Jepang untuk memastikan Olimpiade dapat berlangsung dengan aman
Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memberikan dukungan kepada Olimpiade Tokyo dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, dan menyambut baik upaya untuk memastikan Olimpiade dapat berlangsung dengan aman, Reuters melaporkan Jumat.

Olimpiade Tokyo 2020, yang ditunda tahun lalu karena pendemi virus corona, dijadwalkan akan dimulai pada 23 Juli.

Pada pertemuan dengan Suga di sela KTT G7 di resor tepi laut Inggris di Carbis Bay, Johnson setuju untuk bekerja sama dalam berbagai masalah mulai dari perdagangan dan teknologi hingga pertahanan dan iklim.

Baca juga: Tokyo akan vaksinasi 18.000 pekerja dan relawan Olimpiade

"Perdana menteri menyatakan dukungannya untuk Olimpiade Tokyo, dan menyambut baik upaya Jepang untuk memastikan Olimpiade dapat berlangsung dengan aman," kata juru bicara Downing Street setelah pertemuan.

Pemerintah Jepang dan penyelenggara Olimpiade mengatakan Olimpiade akan tetap berlangsung -- kecuali "Armageddon," seperti yang dikatakan salah satu anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Tokyo 2020 akan "bersyukur" jika negara-negara G7 dapat mendukung Olimpiade Musim Panas berjalan sesuai rencana, kata ketua panitia penyelenggara Tokyo 2020 Seiko Hashimoto, Jumat.

Dia menambahkan bahwa panitia penyelenggara telah mendirikan pusat vaksinasi baru untuk staf Olimpiade di Tokyo.

Baca juga: Bos IOC segera tiba di Jepang untuk Olimpiade pada Juli
Baca juga: PM Suga menyesal harus terima kritik sebelum penyelenggaraan Olimpiade

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021