Jakarta (ANTARA) - Aplikasi kencan Bumble akan menambahkan fitur baru di mana para pengguna, khususnya di Australia dan Selandia Bru, bisa menambahkan "lencana vaksinasi COVID-19" di profil menunjukkan bahwa mereka sudah divaksin.

Dikutip dari Guardian pada Kamis, perwakilan Bumble mengatakan mereka sepenuhnya mengandalkan kejujuran para pengguna dalam memverifikasi keaslian keterangan mereka sudah divaksin.

Bumble akhirnya menambahkan fitur itu setelah sebuah survei mengungkapkan bahwa "ada kenaikan 45 persen pengguna yang mau berkencan kalau sudah divaksin." 

Tak hanya di Australia aplikasi kencan mendorong para penggunanya untuk mengumumkan status vaksinasi mereka.

Di Amerika Serikat, Gedung Putih menggandeng Tinder, Hinge dan OKCupid memberikan para pengguna yang menyetel status vaksinasi mereka fitur premium seperti "super likes" yang meningkatkan kesempatan pengguna dilirik oleh teman kencan potensial.

Bulan lalu, Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris meluncurkan inisiatif serupa, bekerja sama dengan aplikasi kencan untuk menawarkan berbagai manfaat kepada pengguna, termasuk "peningkatan" profil gratis jika mereka menambahkan status vaksinasi ke profil mereka. Kedua skema tersebut bertujuan untuk mempromosikan penggunaan vaksin pada orang muda.

Saat ini, hanya 11 persen orang Australia yang divaksinasi COVID-19 penuh. Pada akhir Juni, PM Scott Morrison mengumumkan semua orang dewasa Australia di bawah 40 tahun bisa mendapatkan vaksin AstraZeneca melalui dokter umum.

Baca juga: Lima langkah temukan pasangan hidup

Namun Kelompok Penasihat Teknis Australia ahli tentang Imunisasi mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 dengan Pfizer lebih disarankan untuk mereka yang berusia di bawah 60-an – dan bahwa vaksin tetap dalam persediaan terbatas.

Situs web kencan online Australia RSVP mengatakan lencana vaksin adalah sesuatu yang telah dipertimbangkan oleh perusahaan, tetapi mereka akan menunggu sampai lebih banyak orang Australia telah divaksinasi sebelum membawa fitur tersebut.

“Alasan kami tidak mendorong apa pun ke depan hanya melihat jumlah orang yang memiliki akses ke vaksin,” CEO Dave Heysen menjelaskan. “Jadi kami tidak benar-benar ingin mendiskriminasi ketika orang tidak benar-benar memiliki akses [ke vaksin] pada tahap ini.

“Kami telah berpikir untuk menambahkannya pada tahap tertentu; kami hanya ingin memastikan semua orang berada di level bermain yang sama terlebih dahulu.”

Penambahan lencana vaksin dapat membuat pengguna merasa nyaman untuk bertemu dengan teman kencan di kehidupan nyata, kata Dr Rosalie Gillett, peneliti pascadoktoral di Universitas Teknologi Queensland, yang telah meneliti keamanan pengguna pada aplikasi kencan.

“Karena aplikasi kencan sering mendorong interaksi langsung, pengguna mungkin merasa lebih aman bertemu dengan orang-orang yang mengatakan mereka telah divaksinasi terhadap Covid-19,” kata Gillett.

Joanne Orlando, penulis Life Mode On, sebuah buku tentang menavigasi dunia digital, setuju bahwa lencana vaksinasi "pasti merupakan nilai tambah" dalam hal keamanan Covid. Tetapi fitur ini juga dapat memiliki manfaat lain: membantu pengguna mencocokkan dengan mereka yang nilainya selaras dengan nilai mereka sendiri.

“Lencana vaksinasi memberi Anda sedikit lebih banyak wawasan tentang profil dan orangnya,” katanya. “Ini memberi Anda gambaran tentang bagaimana mereka berpikir tentang berkontribusi pada masyarakat, melakukan bagian mereka, dan jika [status vaksinasi mereka] adalah sesuatu yang mereka ingin semua orang tahu dan banggakan. Ini hanyalah elemen lain untuk membantu Anda mempertimbangkan apakah orang ini cocok untuk Anda atau tidak.”

Apakah itu berarti lencana dapat membantu para lajang yang sadar sosial menghindari pencocokan dengan anti-vaxxers?

"Itu benar, atau jika Anda salah satunya, Anda tidak akan mencari seseorang yang memiliki cap itu." kata orlando. “Ketika datang ke kencan online, ada informasi yang sangat terbatas, jadi hal semacam ini benar-benar dapat membantu seseorang.

“Itu hanya menambah dimensi lain yang biasanya tidak kami dapatkan di profil aplikasi kencan.”

Baca juga: Kiat aman berkenalan dan bertemu teman baru dari aplikasi MiChat

Baca juga: Kian aman cari pasangan di platform online

Baca juga: Kiat memulai obrolan di aplikasi kencan

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021