Rentan menderita depresi
Depok (ANTARA) - Psikolog Universitas Indonesia (UI) Dr. Dyah T. Indirasari mengatakan perlu ada upaya dukungan untuk guru dan mahasiswa agar mereka bisa meningkatkan well-being dan menjadi lebih tangguh, antara lain meningkatkan emosi positif dalam proses pembelajaran dengan memberikan rasa keberhasilan pada mahasiswa, sehingga self-esteem meningkat.

"Walaupun guru-guru puas terhadap hidup mereka dan memiliki emosi positif yang baik, namun resiliensi mereka rendah. Artinya, jika berada dalam situasi emosional, maka mereka lebih sulit untuk bangkit, lebih tidak tahan terhadap stres, dan cenderung pesimistik," kata Dyah T. Indirasari dalam keterangannya, Kamis.

Hal tersebut diungkapkan melalui Webinar dengan tema 'Well-being Guru, Dosen, dan Mahasiswa di Masa Pandemi'. Dilaksanakan dalam rangka menyampaikan hasil riset berjudul Resiliensi Orang Indonesia, yang merupakan hasil kerja tim riset yang khusus dibentuk dalam Dies Natalis Fakultas Psikologi ke-61 UI.

Riset dilakukan secara daring dengan jumlah responden sebanyak 5.817, berusia antara 18 hingga lebih dari 82 tahun. Kelompok responden yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia ini, diantaranya terdiri dari 2.910 guru, 256 dosen, dan 412 mahasiswa.

Well-being adalah keadaan pada individu yang digambarkan dengan adanya rasa bahagia, kepuasan, tingkat stres yang rendah, sehat secara fisik dan mental, serta kualitas hidup yang baik. Self-esteem merupakan istilah yang merujuk untuk mendeskripsikan nilai personal seorang individu, terhadap dirinya sendiri.

Temuan lain dari penelitian ini adalah para dosen puas terhadap hidup mereka dan memiliki resiliensi yang baik. Mereka lebih mudah bertahan setelah mengalami peristiwa yang emosional, lebih tahan terhadap stres dan cenderung optimis.

Baca juga: Riset Psi UI : Resiliensi orang Indonesia cenderung rendah

Baca juga: Psikolog UI: Ajarkan anak nilai kebaikan sejak dini


Pada sisi yang lain, mahasiswa justru cenderung agak puas terhadap hidup mereka, memiliki resiliensi yang rendah, dan ada yang mengalami gejala depresi.

"Kondisi mahasiswa ini perlu mendapat perhatian," ujar Ira.

Sementara itu Sekretaris Program Studi Psikologi Profesi Program Magister Fakultas Psikologi UI, Dr. Imelda Ika Dian Oriza mengatakan Well-being dapat memengaruhi kesehatan mental, karena emosi positif yang dihasilkan seseorang akan membuat kondisi mentalnya lebih baik dan optimis.

Dian melanjutkan paparannya dengan menggarisbawahi temuan yang menarik dari penelitian tersebut tentang kondisi mahasiswa yang memiliki emosi negatif yang cukup tinggi. Kondisi emosi negatif tersebut menurut Dian akan memengaruhi well-being mahasiswa yang akan menentukan kesehatan mentalnya.

"Menurut hemat saya, tingginya emosi negatif mahasiswa dikarenakan masa transisi yang tengah dialami mahasiswa dari masa remaja ke masa dewasa. Mahasiswa dituntut harus mampu beradaptasi dengan kebebasan yang baru dimilikinya di masa kuliah dan perubahan kondisi sosial yang mereka temui, ditambah dengan kondisi pembelajaran yang sangat berbeda saat ini. Akibatnya adalah mahasiswa mengalami rasa kecemasan yang tinggi dan rentan menderita depresi," kata Dian.

Untuk mengatasi rasa kecemasan tersebut, Dian menyatakan diperlukan dukungan dan bimbingan dari berbagai pihak mulai dari dosen, universitas, maupun orang tua. Sebab, mahasiswa meskipun sudah mulai beranjak dewasa tetap memerlukan bimbingan untuk menemukan jati dirinya yang nantinya akan meningkatkan resiliensi dan well-being mereka.

"Dukungan dari universitas melalui penyediaan layanan konseling, pemahaman dari dosen dalam kegiatan belajar mengajar dengan tidak memberikan tekanan pada mahasiswa, dan peran orang tua di rumah sebagai subyek tempat mahasiswa bercerita merupakan kunci untuk mengatasi potensi rasa kecemasan mahasiswa," kata Dian.

Baca juga: Iluni UI: Resiliensi kunci utama bangkit dari pandemi COVID-19

Baca juga: Fakultas Psikologi UI fokus penataan kurikulum MBKM

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021