Segala macam persoalan bisa kita selesaikan bersama-sama. Jadi bukan kamu-kamu, gue-gue
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP PDI Perjuangan Tri Rismaharini menyerukan warga Indonesia untuk bergotong royong dalam situasi pandemi COVID-19, salah satunya menyediakan logistik buat masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar COVID-19.

Risma saat meninjau dapur gotong royong yang dikelola DPC PDIP Jakarta Timur, di Jalan Otista III, Jakarta, Senin, menilai membantu menyiapkan makanan bagi warga yang isoman, sebenarnya membantu mencegah penularan virus lebih jauh.

"Jadi kalau menurut saya ini sangat penting. Kalau kita memberikan makanan ini, maka sebetulnya yang paling utama adalah mereka tidak menulari orang lain. Kalau kita memberikan ini, jadi bukan hanya memberikan sekadar makanan dan terus kenyang, terus dia sehat. Tapi mereka sadar, kemudian melakukan isolasi," kata Risma dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta.

Bayangkan dia mau melakukan isoman, dia tidak beli makanan keluar, sehingga dia tidak menulari orang lain. Itu yang paling penting menurut saya," kata Risma yang juga Menteri Sosial.

Menurut dia, bila gotong royong seperti ini bisa dilakukan terus, maka bukan hanya meringankan beban warga yang terpapar COVID-19. Namun juga membantu dalam menghentikan penyebaran virusnya sendiri.

"Jadi, rasanya itu yang perlu dikembangkan saat ini. Karena kalau dengan begitu segala macam permasalahan, segala macam persoalan bisa kita selesaikan bersama-sama. Jadi bukan kamu-kamu, gue-gue," kata Risma lagi.

Mantan Wali Kota Surabaya ini menilai gotong royong itu bukan sekadar saling memberi, tapi di balik itu semua ada rasa melindungi orang lain, ada sayang kepada orang lain.

"Kalau dia tidak peduli, biar aja makan di warung, kemudian satu warung tertular," ujarnya.

Risma lalu menyampaikan bahwa atas nama DPP PDI Perjuangan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada kader dan relawan DPC PDIP Jakarta Timur yang telah menyelenggarakan dapur umum.

"Saya tahu ini capek karena saya berpengalaman buat dapur umum ini sangat capek sekali, tapi kita harus ingat bahwa saudara-saudara kita memang masih banyak yang membutuhkan bantuan dan pertolongan kita. Obatnya capeknya itu saat mereka senang mendapatkan makanan ini," kata Risma lagi.

Dia berharap para kader dan relawan tetap semangat dan terus bergotong royong dan kompak menolong orang lain.

Kedatangan Risma disambut oleh Ketua DPC PDIP Jaktim Dwi Rio Sambodo bersama pengurus dan jajarannya, serta relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP.

Risma lalu berjalan berkeliling lokasi dapur dan pengepakan makanan. Semuanya dilakukan oleh para relawan.

Sejumlah petugas ojek daring tampak menunggu untuk menjemput pesanan paket makanan untuk pasien isoman yang memesan.

Dapur umum PDIP untuk semua wilayah Jakarta dilaksanakan oleh pengurus DPC di masing-masing wilayah.

Dwi Rio Sambodo menjelaskan, pihaknya setiap hari menyiapkan 200-400 paket makanan isoman untuk didistribusikan.

"Jumlahnya tergantung pada pengajuan dari masyarakat, tergantung jumlah yang sedang isoman," kata Dwi Rio Sambodo.

Warga yang membutuhkan makanan bisa mendaftarkan diri lewat situs yang sudah disiapkan yakni http://bit.ly/DaftarDapurUmumPDIPJaktim.

Begitu didaftar, tim dapur umum PDIP akan bekerja dari menyiapkan makanan, hingga mengantarnya. Biaya distribusi sepenuhnya ditanggung.

Dia menambahkan, kunjungan Risma memberi makna yang dalam bagi masyarakat Jakarta Timur, khususnya relawan dan kader PDIP Jakarta Timur.

"Terima kasih atas kunjungan dan masukan yang berarti buat perbaikan di masa datang. Secara khusus mengingatkan tentang higienitas makanan yang distribusikan," kata Dwi yang juga Anggota DPRD DKI Jakarta itu pula.
Baca juga: Kemensos salurkan bantuan nutrisi ke warga isoman Rusunawa Komaruddin

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021