Rektor: Fungsi kehumasan memiliki peran vital bagi universitas

id UPN Veteran Jakarta,Perum LKBN ANTARA

Rektor: Fungsi kehumasan memiliki peran vital bagi universitas

Tangkapan layar Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Erna Hernawati saat memberikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Penulisan Berita dan Pengelolaan Websiteā€¯ di Lingkungan UPN Veteran Jakarta yang dilakukan secara daring di Jakarta, Selasa (27/7/2021) (ANTARA/HO.UPNVJ)

Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Erna Hernawati mengatakan fungsi kehumasan memiliki peran vital bagi universitas untuk menyampaikan informasi dari kampus kepada masyarakat.

"Apalagi di era saat ini, informasi harus dikemas secara menarik. Banyak yang bisa dieksplorasi untuk disampaikan kepada publik," kata Erna di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Perum LKBN ANTARA Hempi N. Prajudi mengatakan,  perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, menyebabkan banyak terjadi pergeseran penyampaian konten. Konten-konten yang disampaikan organisasi perlu dibuat secara lebih kekinian.

Pergeseran tersebut juga terjadi pada tugas dan fungsi kehumasan. Humas bukan lagi sekadar memiliki tugas di bidang protokoler.

"Tugas utama humas saat ini adalah membuat strategi komunikasi,"  kata Hempi.

Sebelumnya UPN Veteran Jakarta bersama dengan LKBN ANTARA mengadakan “Pelatihan Penulisan Berita dan Pengelolaan Website” di Lingkungan UPN Veteran Jakarta yang dilakukan secara daring,

Erna mengatakan materi-materi yang diberikan dalam pelatihan yang diadakan Unit Pelaksana Teknis Hubungan Masyarakat (UPT) UPNVJ, bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan ANTARA (LPA) Perum LKBN ANTARA sangat menarik dan diperlukan oleh tenaga hubungan masyarakat dan pengelola website yang ada di lingkungan UPNVJ.

Menurut Erna, LKBN ANTARA sebagai kantor berita milik negara sudah terbukti menjalankan bisnis media secara profesional sehingga memiliki tenaga pengajar yang mumpuni.

"Pelatihan ini merupakan kesempatan bagi para peserta untuk menimba ilmu yang akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pegawai UPNVJ," Ujar Erna.

Pelatihan yang diadakan selama dua hari,  sejak Selasa (27/7) hingga Rabu (28/7) diikuti oleh peserta dari UPT Humas UPNVJ dan perwakilan dari fakultas, biro, lembaga, dan UPT lainnya di lingkungan UPNVJ.

Pada hari pertama, peserta mengikuti pelatihan dengan materi tentang konsep dasar komunikasi dan kehumasan, karakter media massa dan media sosial, dan pengelolaan media yang disampaikan Analis IMSC LKBN ANTARA Andes Lukman.

Sedangkan untuk produksi konten berita dan siaran pers, teknik wawancara dan penulisan berita yang disampaikan Kepala Redaksi Internasional LKBN ANTARA Gusti Nur Cahya Aryani.

Dalam materi yang disampaikan, Andes Lukman mengatakan semua pihak di dalam organisasi perlu mengambil peran sebagai humas, terutama dalam memfasilitasi masyarakat atau media terhadap informasi.

"Komunikasi dan media saat ini sudah berubah dan bertransformasi. Humas juga harus bertransformasi. Penggunaan media sosial sangat diperlukan dengan memperhatikan masing-masing karakter media sosial," kata dia.

Sedangkan Gusti Nur Cahya Aryani mengatakan dalam menyusun komunikasi publik, seperti pemberitaan melalui website maupun siaran pers, humas perlu menentukan khalayak yang menjadi sasaran

"Tentukan target audiens, topik, angle, framing, narasumber berdasarkan kapasitas dan kompetensinya, serta lakukan wawancara dengan narasumber untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan 5W (What, Who, When, Where, dan Why) dan 1H (How)," katanya.

Baca juga: UPN Veteran Jakarta jadi BLU tingkatkan kualitas layanan pendidikan
Baca juga: KPI gandeng UPN "Veteran" Jakarta riset indeks kualitas program siaran


Pewarta : Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar