Ambon (ANTARA) - Menyongsong perayaan 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia para prajurit Kodam XVI/Pattimura, Senin, menggelar doa bersama sesuai agama masing-masing untuk memohon bangsa dan negara segera terbebas dari pandemi Covid-19.

Doa bersama Kodam XVI/Pattimura menyongsong perayaan hari ulang tahun RI pada 17 Agustus 2021, dipusatkan di Masjid Al-Ittihad, Gereja Ign Slamet Riyadi, dan Pura Sura Yudha Mandala.

Dalam ibadah yang dilaksanakan secara Islam, Kristen dan Hindu itu, mereka mendoakan bangsa Indonesia selalu kuat dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, dan berharap kasus penularan virus itu segera berakhir.

Baca juga: Mensesneg: Ambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2021 pukul 10.17 WIB

Kepala Pembinaan Mental Kodam XVI/Pattimura, Kolonel CAJ Sukirno, mengatakan, doa bersama itu rangkaian kegiatan menyongsong perayaan 76 tahun kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus besok.

Peringatan peristiwa pernyataan kemerdekaan bangsa pada 17 Agustus 1945, menjadi momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 saat ini.

"Kami berdoa agar kita semua senantiasa diberi kesehatan, keselamatan dan terhindar dari segala jenis penyakit, termasuk Covid-19, dan juga memohon agar pandemi ini segera berakhir," kata Sukirno.

Baca juga: Mendagri keluarkan edaran pedoman teknis peringatan HUT RI

Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Letnan Kolonel Arh Adi Prayogo, mengatakan, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, perayaan kemerdekaan akan dilaksanakan secara sederhana. Upacara peringatan detik-detik proklamasi digelar secara terbatas oleh pemerintah Provinsi Maluku dan organisasi perangkat daerah lainnya.

Berbagai jenis perayaan yang mengundang keramaian dan kerumunan masyarakat tidak akan dilaksanakan, guna menghindari penularan Covid-19.

Baca juga: Mahasiswa Kaltim gelar aksi saat peringatan HUT RI

Kendati demikian, Prayogo berharap masyarakat Maluku senantiasa semangat dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan, serta menjadikan momen tersebut sebagai kebangkitan untuk melawan pandemi Covid-19.

"Segala jenis perayaan menyambut HUT RI tahun ini yang mengundang keramaian dan kerumunan kita hindari hingga pandemi benar-benar berakhir. Kita bangkit dan semangat melawan pandemi Covid-19," ucap dia.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021