Ambon (ANTARA) - Mayjen TNI Bambang Ismawan kini resmi menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura menggantikan Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin yang pindah tugas sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI/Pattimura Letkol Arh Adi Prayogo di Ambon, Sabtu, mengatakan upacara serah terima jabatan Mayjen TNI Bambang Ismawan sebagai Pangdam Pattimura telah berlangsung di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) pada Jumat 20 Agustus 2021.

Baca juga: Panglima Kodam XVI/Pattimura resmikan nama baru Korem 152/Baabullah

Proses pemindahan kekuasaan dari Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Pattimura sejak 5 Maret 2021 hingga 10 Agustus 2021, kepada Mayjen TNI Bambang Ismawan dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Upacara serah terima jabatan Pangdam XVI/Pattimura juga akan kembali digelar dalam apel bersama dan acara tradisi satuan di Markas Kodam (Makodam) setempat, pada 23 Agustus 2021.

"Direncanakan Senin mendatang, 23 Agustus, akan dilaksanakan apel bersama dan acara tradisi satuan di Makodam," kata Kapendam Letkol Arh Adi Prayogo.

Sebelum dimutasikan menjadi Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan bertugas sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Kasad sejak Mei 2021. Dalam karirnya sebagai anggota TNI Angkatan Darat, lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1988 itu berpengalaman di pasukan khusus baret merah.

Lahir di Klaten, Jawa Tengah pada 1966, Bambang tercatat pernah menduduki beberapa posisi penting lainnya di kemiliteran, di antaranya Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya pada 2018-2020, dan wakil komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) pada 2020-2021.

Jenderal bintang dua ini juga pernah bertugas di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh sebagai Komandan Korem (Danrem) 012/Teuku Umar (2016-2017), dan di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat sebagai danrem 121/Alambhana Wanawai (2017-2018).

Baca juga: Kasad dukung upaya relokasi Kodam XVI Pattimura

Baca juga: TMMD 109, Kapendam Pattimura pastikan protokol kesehatan COVID-19


 

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021