...mempersiapkan kondisi sosial masyarakat untuk dapat hidup berdampingan bersama pandemi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Pemerintah dan Satgas Penanganan COVID-19 mempersiapkan langkah jangka panjang untuk mengantisipasi kemungkinan pandemi COVID-19 menjadi endemi, sebagaimana perkiraan para ahli.

"Pemerintah dan Satgas Penanganan COVID-19 perlu menjadikan perkiraan para ahli sebagai motivasi untuk mempersiapkan langkah dan strategi jangka panjang berbagai sektor, khususnya sektor-sektor strategis, dalam menghadapi pandemi, dan juga mempersiapkan kondisi sosial masyarakat untuk dapat hidup berdampingan bersama pandemi COVID-19," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa.

Bamsoet mengatakan perlunya tanggung jawab dan komitmen bersama dari Pemerintah dan masyarakat untuk terus menangani pandemi COVID-19 dalam jangka panjang, dikarenakan belum ada yang dapat memastikan kapan COVID-19 akan mereda atau kemungkinan akan menjadi endemi.

Selain itu, kata Bamsoet, Pemerintah perlu terus memberikan dukungan secara penuh terhadap penelitian obat COVID-19 dan memperluas cakupan vaksinasi COVID-19 di Tanah Air.

"Sebab semakin banyak dan kuatnya kekebalan komunitas masyarakat, maka tingkat keparahan terhadap infeksi COVID-19 juga akan berkurang," ujar dia lagi.

Pemerintah, menurutnya, juga harus terus mengingatkan masyarakat untuk tetap bersikap waspada dan fleksibel dalam menghadapi pandemi COVID-19, dikarenakan kebijakan pengetatan dan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan terus dilakukan karena lonjakan kasus COVID-19 masih bisa terjadi.
Baca juga: MPR: Segera selesaikan skema perlindungan anak terdampak pandemi
Baca juga: Ketua MPR ingatkan ancaman terorisme akibat pandemi COVID-19

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021