Pulau Untung Jawa ditetapkan sebagai 50 desa wisata terbaik ADWI 2021

id ADWI,Kemenparekraf,Sandiaga Uno,Desa Wisata

Pulau Untung Jawa ditetapkan sebagai 50 desa wisata terbaik ADWI 2021

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi meninjau persiapan Kampung Jepang di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan mengikuti verifikasi lomba Anugerah Desa Wisata 2021 pada Jumat (27/8/2021). ANTARA/ HO-Kominfotik Kepulauan Seribu.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan Desa Wisata Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, sebagai 50 desa wisata terbaik di Nusantara dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Jakarta, Sabtu, mengharapkan agar destinasi wisata yang berada di pulau tersebut dapat segera memulihkan ekonomi masyarakat

"Hari ini tentunya dengan penuh rasa haru dan kebanggaan karena saya dulu membina juga di Pulau Untung Jawa ini, untuk itu saya berikan selamat. Ini harus segera kita siapkan, karena lapangan kerja bergantung kepada pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkap Sandiaga dalam keterangan tertulis.

Dalam kunjungan Menparekraf ke Pulau Untung Jawa, dia juga menyampaikan bahwa pembukaan kembali sektor pariwisata bergantung kepada akselerasi vaksinasi COVID-19 dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dari masyarakat, pengelola destinasi wisata, dan para wisatawan.

Dengan itu, lanjutnya, Pulau Untung Jawa bisa bersaing dengan desa-desa wisata kelas dunia, seperti Desa Wisata Penglipuran, Bali, yang dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia.

Selain itu, Desa Wisata Jatiluwih di Tabanan Bali, Desa Wisata Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul dan Desa Wisata Pentingsari di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Desa-desa itu sudah kelas dunia, tapi ternyata desa wisata di Ibu Kota, yaitu Setu Babakan dan Pulau Untung Jawa justru menyimpan potensi yang sangat luar biasa.," ujarnya.

Sandiaga juga berharap agar Pulau Untung Jawa maupun sejumlah pulau lainnya dapat seperti tagline Kepulauan Seribu, yaitu 'Seribu Pulau, Seribu Pesona'.

"Saya doakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif segera pulih dan bangkit, lapangan kerja terbuka, kesejahteraan rakyat meningkat, sehingga Maju Kotanya, Bahagia Warganya," ucap dia.

Baca juga: Sumbar terima sertifikat penghargaan desa wisata terbanyak ADWI 2021

Baca juga: Menparekraf dorong desa wisata pulihkan ekonomi lewat ADWI 2021

Baca juga: Kemenparekraf umumkan 1.831 desa wisata ikut ADWI 2021


 


Pewarta : M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar