Kementerian PUPR siap memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Provinsi Maluku untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan perumahan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pembangunan perumahan di kawasan pulau terluar seperti Kepulauan Tanimbar, Maluku, melalui berbagai program yang dimiliki kementerian tersebut.

"Kementerian PUPR siap memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Provinsi Maluku untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan perumahan," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon telah beraudiensi dengan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, pada 14 September 2021.

Khalawi Abdul Hamid mengemukakan bahwa sejumlah program perumahan seperti rumah khusus (Rusus) dan rumah susun (Rusun) sudah disalurkan Kementerian PUPR di daerah perbatasan tersebut.

Menurut Khalawi, pembangunan perumahan bagi masyarakat di wilayah perbatasan merupakan salah satu upaya Kementerian PUPR untuk melaksanakan pemerataan pembangunan.

Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia dengan Australia, lanjutnya, merupakan salah satu target pembangunan infrastruktur dan perumahan sehingga daerah perbatasan Indonesia bisa maju dan berkembang.

Berdasarkan data di Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, berbagai program perumahan telah dilaksanakan di daerah tersebut sejak 2015 hingga saat ini.

Beberapa program tersebut antara lain rumah khusus (164 unit), rumah swadaya (1.953 unit), serta satu menara rumah susun yang sangat bermanfaat dan dapat digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat.

"Kami juga mendorong agar pembangunan hunian vertikal bisa dilaksanakan agar pemanfaatan lahan bisa lebih efektif. Rusun yang dibangun berada di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Saumlaki sebanyak satu tower dengan 44 unit hunian yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah," katanya.

Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon pada kesempatan itu juga mengucapkan terimakasih atas bantuan perumahan yang disalurkan Kementerian PUPR untuk masyarakat di wilayahnya.

Terkait dengan pembangunan Rusun, ujar dia, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan menggunakannya untuk mensukseskan kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Maluku serta memanfaatkannya sebagai tempat akomodasi para peserta kegiatan tersebut.

“Kami siap berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait pemanfaatan Rusun ini dan pembangunan infrastruktur dan perumahan sangat membantu kami sebagai tuan rumah MTQ tingkat provinsi tahun depan,” ujarnya.

Baca juga: Kementerian PUPR: Entaskan rumah tidak layak huni di Rejang Lebong

Baca juga: Kementerian PUPR anggarkan Rp2,58 miliar bedah 110 rumah Teluk Wondama

Baca juga: Desa di Indramayu jadi sasaran program Kotaku Kementerian PUPR

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021