Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa pemerintah mengupayakan akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya.

Salah satu bentuk akselerasi pelaksanaan vaksinasi dilakukan Menko Airlangga dengan meninjau langsung di sentra vaksinasi di lingkungan Rumah Sakit Zaky Djunaid Pekalongan, Jawa Tengah.

“Sudah dapat izin dari orangtua atau belum?” kata Airlangga seperti yang dikutip dari pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Para santri dan santriwati yang sedang divaksin pun menjawab bahwa vaksinasi yang dilaksanakan tersebut sudah disertai dengan izin orangtua.

Melalui dukungan vaksinator dari TNI dan dinas kesehatan, sentra vaksinasi RS Zaky Djunaid ditargetkan dapat melayani sebanyak 650 penduduk dalam satu hari.

Adapun tren vaksinasi di Kota Pekalongan terus mengalami peningkatan. Hingga Agustus, capaian vaksinasi di Kota Pekalongan Dosis 1 mencapai 96.307 dosis, Dosis 2 sebesar 56.331 dosis dan Dosis 3 (booster untuk tenaga kesehatan) sebesar 1.480 dengan jumlah vaksinator sebanyak 216 orang.

Sedangkan total vaksinasi di Indonesia hingga 14 September 2021, telah mencapai 118,36 juta dosis dan sebanyak 42,76 juta penduduk telah menerima vaksin COVID-19 secara lengkap. Target penerima vaksinasi juga telah diperluas dengan juga mencakup anak usia di atas 12 tahun dan ibu hamil.

Selanjutnya, Menko Airlangga berdialog dengan Walikota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid terakit penanganan COVID-19 dan vaksinasi di Kota Pekalongan. Walikota Pekalongan pun menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah beserta Forkopimda Kota Pekalongan bekerja keras untuk menekan laju COVID-19 dan melakukan percepatan suntikan vaksinasi.

Tak hanya itu, Airlangga juga memberikan bantuan berupa sejumlah paket bingkisan sembako kepada tenaga kesehatan dari Puskesmas Buaran Kota Pekalongan yang sedang bertugas.

Baca juga: Indonesia mendatangkan 1,6 juta dosis vaksin Pfizer
Baca juga: Airlangga sebut realisasi anggaran perlindungan sosial capai 58 persen
Baca juga: Menko Airlangga: Vaksinasi di lokasi PON XX Papua jadi prioritas


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021