Plt Gubernur instruksikan BPBD segera salurkan bantuan ke Wajo

id Bantuan logistik, BPBD Sulsel, Pemprov Sulsel, Bencana Angin Puting Beliung Wajo

Plt Gubernur instruksikan BPBD segera salurkan bantuan ke Wajo

Salah satu rumah warga terdampak bencana angin puting beliung di Kabupaten Wajo, Sulsel. ANTARA Foto/HO-Humas Pemprov Sulsel.

Makassar (ANTARA) - Pelaksana tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman agar menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel segera menyalurkan bantuan bagi korban bencana angin puting beliung di Kabupaten Wajo.

"Kami menerima informasi jika kemarin siang hujan deras dan mengakibatkan 191 unit rumah rusak di empat desa di  Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo karena diterjang angin puting beliung," katanya di Makassar, Rabu.

Baca juga: BPBD Sulsel salurkan bantuan Logistik korban banjir di Wajo dan Bone

Dari laporan Pusdalops BPBD Kabupaten Wajo, disebutkan hujan disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Wajo pada Selasa (26/10) siang sekitar pukul 14.00 Wita.

Angin puting beliung tersebut mengakibatkan 26 unit rumah rusak berat, 51 unit rumah rusak sedang, dan 114 unit rumah rusak ringan. Ratusan rumah yang rusak itu tersebar di empat desa, yakni Desa Mattirowalie dan Desa Kalola di Kecamatan Maniangpajo serta Desa Ugi dan Desa Pallimae di Kecamatan Sabbangparu.

Berdasarkan laporan tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bergerak cepat dalam pemenuhan bantuan logistik untuk para korban.

Baca juga: 1.560 warga Kabupaten Wajo terdampak banjir

Baca juga: Terdampak banjir, Mentan beri bantuan pertanian Rp35,7 miliar di Wajo


"Alhamdulillah, Selasa malam, BPBD provinsi mempersiapkan logistik dan akan dikirim malam ini menuju Kabupaten Wajo untuk warga yang rumahnya rusak," ujar dia.

Persiapan bantuan logistik dipantau oleh Kepala BPBD Sulsel Muhammad Firda. Bantuan yang dikirimkan untuk Kabupaten Wajo berupa logistik pangan dan logistik selter.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar