Masjid Sultan Batam kini miliki pojok baca digital

id masjid sultan batam, perpustakan mesjid sultan batam, masjid sultan siayat sah, wakil gubernur kepulauan riau, marlin agustina, wakil gubernur kepri,p

Masjid Sultan Batam kini miliki pojok baca digital

Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina meresmikan pojok baca digital dan perpustakaan khusus di Masjid Sultan Mahmud Riayat Sah di Kota Batam, Rabu (27/10). ANTARA/ HO-Pemkot Batam

Batam (ANTARA) - Masjid Sultan Mahmud Riayat Sah di Kota Batam Kepulauan Riau kini memiliki pojok baca digital dan perpustakaan khusus, hibah dari pemerintah pusat demi meningkatkan literasi warga setempat.

"Ini terobosan terbaru, perpustakaan digital dan perpustakaan khusus. Semoga dengan adanya perpustakaan, jamaah makin gemar membaca," kata Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina saat meresmikan Pojok Baca Digital Perpustakaan Khusus Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Rabu.

Ia menyampaikan, gerakan gemar membaca harus terus digaungkan di manapun, termasuk di rumah ibadah.

Menurut dia, kebiasaan membaca penting demi masa depan anak bangsa, karena buku adalah jendela kehidupan.

Baca juga: Delapan desa di Kepri jadi pilot project perpustakaan perdesaan
Baca juga: FIFGroup salurkan Rp100 juta untuk perpustakaan sekolah di Batam

Saat ini, dengan teknologi digital, membaca jadi lebih mudah. Buku dapat diakses melalui gawai. Dan pojok baca digital adalah terobosan kemajuan yang harus dimanfaatkan masyarakat.

Tidak hanya anak-anak, perempuan yang juga menjabat Bunda PAUD Kota Batam itu juga mengajak para ibu untuk rajin membaca. Ibu yang cerdas, berpendidikan dan berwawasan luas dapat mendidik anak-anak yang cerdas.

"Ibu-ibunya juga harus rajin membaca. Aplikasinya sudah diberikan, jadi di manapun kita berada, bisa baca. Di sini juga ada buku yang dicetak," kata Marlin

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam Samudin menyatakan perpustakaan tersebut merupakan hibah Pemerintah Pusat. Di Kepri, hanya tiga kabupaten yang mendapatkan hibah, yaitu Batam, Bintan, dan Karimun.

"Hibah ini terdiri dari televisi, server, komputer jinjing, PC, dan android. Untuk perpustakaan digital, terdiri dari 3.500 judul," katanya.

Sementara instalasi dan penyiapan jaringan perpustakaan dibantu langsung Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam.

Baca juga: LKBN ANTARA bangun pojok baca di Pulau Lengkang

Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar