Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (27/10) mulai dari Indef mengingatkan pembukaan wisata harus menerapkan prinsip hati-hati hingga Maskapai Garuda Indonesia meluncurkan promo harga pemeriksaan tes COVID-19.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Cuti bersama batal, Indef: Pembukaan wisata harus hati-hati

Wakil Direktur Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listyanto mengatakan bahwa relaksasi pembukaan tempat wisata perlu dilakukan dengan hati-hati untuk mewaspadai terjadinya lonjakan kembali kasus COVID-19.

"Relaksasi atau pembukaan tempat wisata tetap perlu hati-hati, karena kalau tempat wisata bisa membantu menekan kasus COVID-19, maka pada saat Indonesia mencapai herd immunity pemulihan akan lebih cepat," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Potensi kapal listrik untuk perikanan tangkap

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menjajaki potensi pemanfaatan inovasi kapal listrik untuk perikanan tangkap guna mendukung prinsip ekonomi biru di Tanah Air.

"Ini adalah sebuah inovasi yang ramah lingkungan. Dari keterangan pembuat kapal, pihak OMT (Odense Maritime Technology A/S), menyatakan inovasi ini efektif mengurangi emisi," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Mendag luncurkan Inaproduct.com

Kementerian Perdagangan berkomitmen memperkuat agar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia menjadi jagoan dan lebih mendunia, di mana itu diwujudkan dengan ikut serta mengembangkan platform direktori UMKM Inaproduct.com.


“Kemendag siap mendukung Kemenkop UKM untuk menjadikan UKM Indonesia unggul tidak hanya di pasar lokal, tetapi juga regional dan global,” kata Mendag Lutfi.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Butuh Rp3.500 triliun untuk kurangi pemakaian PLTU

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyatakan Indonesia membutuhkan dana mencapai Rp3.500 triliun untuk mengurangi pemakaian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara dalam rangka mencapai target pengurangan emisi karbon.

Dalam Webinar ALUMNAS di Jakarta, Kamis dia menuturkan nilai tersebut sangat besar dan pemerintah telah berusaha memberikan dukungan seperti menggunakan uang dari pembayaran pajak namun masih belum cukup.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Garuda Indonesia luncurkan promo harga tes COVID-19

Maskapai Garuda Indonesia melalui Aero Globe Indonesia bekerja sama dengan Kartika Pulomas Hospital Laboratories (KPH Lab) meluncurkan promo harga pemeriksaan tes COVID-19 di rumah sakit dan klinik KPH Lab di sejumlah wilayah Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan program tersebut merupakan upaya Garuda memberikan nilai tambah layanan bagi penumpang yang akan melaksanakan perjalanan di masa pandemi ini.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021