UNP juara umum MTQM PTN Kemendikbudristek 2021

id berita padang,berita sumbar,unp

UNP juara umum MTQM PTN Kemendikbudristek 2021

Tangkapan layar kegiatan MTQM PTN Kemendikbudristek 2021 yabg digelar secara daring. (Antarasumbar/Humas UNP Padang)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) Tingkat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungkan Kemendikbudristek Se-Indonesia tahun 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan 27-28 Oktober 2021 secara daring dan dibuka Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, Jumat.

Wakil Rektor III UNP, Hendra Syariffudin, Ph.D , menyampaikan terimakasih atas partisipasi dari semua pihak. "Kegiatan ini Insya Allah akan rutin diagendakan setiap tahunnya sebagai agenda Dies Natalis UNP," ucapnya.

Kegiatan MTQM PTN Kemendikbudristek ini diadakan untuk memfasilitasi para juara di masing-masing Perguruan Tinggi setelah Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) membatalkan kegiatan MTQM Nasional 2021 yang direncanakan di Yogyakarta.

Kegiatan ini terdiri 10 cabang yaitu Musabaqah cabang tartilil Qur'an Putra dan Putri, Musabagah hifzHil Qur'an 5 juz Putra dan Putri , Musabaqah Hifzhil Qur'an 10 juz Putra dan Putri, Musabagah Syarhil; Qur'an dan Musabaqah karya tulis ilmiah kandungan Al-Qur'an.

Kegiatan ini diketuai oleh Drs Ardi, M.Si dan diikuti oleh kampus-kampus se-tanah air mulai dari Aceh, Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi.

Acara MTQ in juga diisi dengan seminar regional Qur'an dan IPTEKS dengan menghadirkan 4 pembicara dari Universitas Islam Antar Bangsa IIUM Malaysia, Prof Dr Ir Zuraidah Rahmat, University Teknologi of Brunei Prof Dr Her Susanto.

Kemudian, Kominsioner Badan Wakaf Indonesia, BWI-Departemen Ilmu Ekonomi Syariah IPB, Irvan Syauqi Beik, Ph.D dan Presiden BEM UNP, Imam Wahyudi.

Dihadapan pimpinan perguruan tinggi dan delegasi MTQ. Para juara mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan uang prestasi untuk Juara I, Juara II, dan Juara III sertifikat untuk harapan I dan II.

Berikut daftar pemuncak, asal dan nama dari pemuncak MTQM PT Kemendikbudristek 2021 adalah sebagai berikut.

Cabang Tilawah Qur'an Putra, juara 1 jatuh pada Universitas Negeri Padang, Jihan Amirul Mukmin, Juara 2 oleh Universitas Negeri Medan, Raihan Dary Berutu, dan juara 3 oleh Universitas Malikussaleh, Muhammad Aqil.

Sedangkan pada cabang Tilawah Qur'an Putri, juara 1 berasal dari UNP, Nada Aulia,

Juara 2 dari Universitas Negeri Medan, Anggraini dan juara 3 dari Universitas Malikussaleh, Siti Qurrata A'yun.

Untuk cabang Tartil Qur'an Putra, Juara 1 dari Universitas Malikusalleh, Zunawais, juara 2 dari UNP, Ibrahim Mufig, dan juara 3 juga dari UNP yakni Azhari Yunis.

Pada cabang Tartil Qur'an Putri, juara 1 dari UNP, Rahmi Hanifah, Juara 2 dari Universitas Negeri Malang, Imro'aturrozaniyah, dan huara 3 kembali dari UNP, Indah Kemala Maharani.

Cabang Hifdzil Qur'an Putra (5 Juz), Juara 1 dari Universitas Malikussaleh, Osama Al-Faraug, juara 2. Universitas Brawijaya Fadhil Sultan Al-Mubarag, dan Juara 3 dari Universitas Negeri Makassar, Muhammad Razan Muflih.

Pada cabang Hifdzil Qur'an Putri (5 juz), Juara 1 dari Universitas Malikussaleh, Nasywa Fawwaza, juara 2 dari UNP, Dwi Yulia Astina, dan juara 3 dari Universitas Negeri Malang, Eka Anggraini.

Cabang Hifdzil Qur'an Putra (10 Juz), juara 1 dari Universitas Negeri Makassar, Muhammad Raihan Maram, juara 2 dari Universitas Malikussaleh, Muhammad Athaf, dan juara 3 dari Universitas Negeri Medan, Zainul Anwar.

Cabang Hifdzil Qur'an Putri (10 Juz), juara 1 dari Universitas Negeri Medan, Muhadhira Utami, juara 2 dari Universitas Brawijaya, Alya Ul Widad, juara 3 dari Universitas Malikussaleh, Saskia Hadisti Umri

Cabang Karya Tulis Ilmiah, juara 1 dari Universitas Negeri Medan, Tri Ananda Girsang dan Nurul Fidiah, Juara 2 dari Universitas Negeri Malang, Fathimah Muthmainnah dan MGS Achmad dachlan Ramadhan, dan juara 3 dari UNP, Muhammad Ilham dan Fakhrul Rozi.

Cabang Syahril Quran, juara 1 dari Universitas Negeri Medan Camila Sophi Huda, Camilla Nazira Huda, Syifa Chairunnisa, juara 2 dari UNP, Tuti Erawati, Rani Pausa, Annisaul Mutmainnah, dan
juara 3 dari Universitas Negeri Semarang Annisa Dwi Zaharani, Natifatul Latifah, dan Puspita.
Baca juga: Wujudkan generasi Qurani, UNP gelar lomba MTQ mahasiswa
Baca juga: UNP-MIPA LPTK Indonesia gelar MTQ tingkatkan penghayatan pada Alquran
Baca juga: Pagaruyuang Team UNP ikuti kompetisi mobil hemat energi nasional

 

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar