UNP gelar Pra-Musyawarah Nasional Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia

id berita padang,berita sumbar,unp

UNP gelar Pra-Musyawarah Nasional Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D (kiri) berdampingan dengan Ketua ISPI Sumbar Prof Dr Sufyarma, (tengah) dan Ketua Penyelenggara Prof Dr. M. Zaim. (Antara/Humas UNP Padang)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi penyelenggara Pra-Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Ke-VIII yang dilaksanakan di Kampus UNP Air Tawar Padang pada 11-12 Desember 2021.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., di Padang, Selasa, menyatakan penunjukan UNP sebagai pelaksana adalah sebuah amanah dan pihaknya sudah mempersiapkan diri sejak dua pekan yang lalu dengan membentuk Panitia Penyelenggara Pra-Munas ISPI.

"Kami telah berkoordinasi dengan Pengurus ISPI Sumbar, Pengurus ISPI Pusat, PGRI dan berbagai pihak terkait dan kami terus bergerak dan mempersiapkan diri, agar acara ini berjalan lancar," kata dia.

Pra-Munas ini bertujuan untuk menyebarkan ide-ide pembaharuan pendidikan nasional dan mengidentifikasi masukan-masukan penyempurnaan untuk dimajukan kepada pihak terkait tentang RUU Sisdiknas, Peta Jalan Pendidikan Nasional, dan pembaharuan Pendidikan Nasional.

Baca juga: UNP juara umum MTQM PTN Kemendikbudristek 2021

Baca juga: Dirjen GTK sampaikan pesan UNP segera menjadi PTN-BH


Lalu mengembangkan jejaring kerja ISPI untuk mengakselerasikan perubahan pola pikir pengambilan keputusan politik tentang sistem pendidikan nasional.

Sementara itu, Ketua Organizing Committee (OC) Pra-Munas ISPI ke VIII, Prof. Dr. M. Zaim, mengatakan UNP siap untuk menyelenggarakan Pra-Munas bulan Desember nanti.

"Saat ini kami telah menyiapkan segala sesuatunya dan terus berkoordinasi dengan Panitia Pengarah agar acara berjalan sukses dan juga terus berkoordinasi dengan Panitia Pengarah," ucapnya.

Ketua ISPI Sumbar, Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd. menyatakan Pengurus ISPI Sumbar akan ikut menyukseskan acara Pra-Munas dan juga merangkul organisasi dan pihak yang aktif dalam menyelenggarakan pendidikan di Sumbar seperti Muhammadiyah, Taman Siswa, NU, PGRI, Tarbiyah, dan para guru.

"Hasil Pra-Munas ini akan menjadi rekomendasi untuk Munas yang akan dilaksanakan di Bandung bulan Mei tahun 2022," kata Marsidin, yang juga Guru Besar FIP dan juga Ketua Senat UNP ini.

Pembicara utama pada kegiatan Pra-Munas ISPI ini adalah Prof. Dr. Soenaryo Kartadinata, M.Pd., Prof. Dr. Waras Kamdi, M.Pd. Doni Kusuma, M.Ed., Prof. Ace Suryadi, Ph.D. (PGRI), Prof. Dr. Cecep Dharmawan, (UPI) dan Prof. Dr. M. Solehuddin, dan Dr. Irwan Syahril, Ph.D. (Dirjen GTK Kemendikbdud Ristek).

Selain itu, Rektor UNP,Prof. Ganefri, Ph.D., dan Prof. Dr. Muchlas Samani. Sebagai pembahas yakni K.H. Arifin Junaidi (PP Al Ma’arif, PP NU), Prof. Dr. Abdul Mu’ti, (Sekjen PP Muhammadiyah), Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd. (Taman Siswa), dan Najeela Shihab, M.Psi. (Sekolah CIKAL).*

Baca juga: Pagaruyuang Team UNP ikuti kompetisi mobil hemat energi nasional

Baca juga: Ketua MK beri pencerahan terkait konstitusi pada civitas akademika UNP

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar