Jakarta (ANTARA) -
Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan kondisi terkini mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam keadaan sehat di Amerika Serikat.
 
"Hari ini, beliau (SBY) telah tiba di Amerika Serikat, dan sedang mempersiapkan diri untuk melakukan pengobatan," kata Herzaky di Jakarta, Kamis.
 
Herzaky menjelaskan SBY didampingi oleh dua dokter kepresidenan dan tim dokter keluarga. Selain itu, SBY juga didampingi sang anak Edhie Baskoro Yudhoyono.

Baca juga: AHY sampaikan terima kasih atas simpati dan doa terhadap kesehatan SBY
 
"Nanti bergantian dengan putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)," ujar Herzaky.
 
Herzaky menyatakan belum ada kepastian berapa lama SBY akan melakukan pengobatan di luar negeri. Tetapi dia memastikan, ketua majelis tinggi partai demokrat itu kembali ke Indonesia saat kondisinya sembuh dari penyakit.
 
Sebelumnya, staf pribadi Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Ossy Dermawan, menginformasikan SBY akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (medical check up) dan pengobatan di luar negeri setelah didiagnosis mengidap kanker prostat oleh tim dokter.

Baca juga: SBY didiagnosis idap kanker prostat dan akan berobat ke luar negeri
 
Ossy menyatakan dari hasil pemeriksaan, baik melalui metode magnetic resonance imaging (MRI), biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, maupun pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.
 
Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, Ossy mengatakan bahwa telah diputuskan medical treatment akan dijalani oleh SBY di sebuah rumah sakit luar negeri.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021