Jakarta (ANTARA) - Setelah Indonesia menyabet gelar supremasi bulu tangkis dunia pada tiga pekan silam, akhirnya Piala Thomas tiba di Tanah Air dan disambut jajaran Pelatnas PP PBSI Cipayung di Jakarta Timur, Jumat.

Dalam seremoni di Pelatnas Cipayung, Piala Thomas diserahkan oleh Kepala Bidang Pengembangan Daerah PP PBSI Sudarto Adinagoro kepada manajer tim Eddy Prayitno, yang kemudian diberikan juga kepada atlet tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

"Sangat senang Piala Thomas yang kita rebut di Denmark bisa kembali ke Tanah Air. Harapannya, semoga bisa memotivasi dan memberi semangat kepada teman-teman, terutama pemain junior untuk bisa mempertahankan lagi di kejuaraan mendatang," kata Jonatan lewat keterangan tertulis PBSI di Jakarta.

Baca juga: Presiden gembira Piala Thomas akhirnya kembali setelah 19 tahun
Baca juga: Daftar juara Piala Thomas, Indonesia mendominasi


Piala Thomas dikirim oleh Federasi Bulu tangkis Dunia (BWF) dari markasnya di Kuala Lumpur, Malaysia. Setelah melalui sejumlah urusan administrasi di Bandara Soekarno-Hatta, Piala Thomas bisa kembali ke markas pusat pembinaan bulu tangkis Indonesia.

Menurut Eddy, kedatangan Piala Thomas akan memberi dampak positif bagi pembinaan bulu tangkis nasional karena akan memotivasi semua pemain untuk lebih berprestasi.

Indonesia kembali merebut Piala Thomas setelah penantian selama 19 tahun, dengan mengalahkan China dengan skor bersih 3-0.

Bagi Skuad Merah Putih, keberhasilan ini semakin meneguhkan dominasi dalam turnamen bulu tangkis beregu putra. Hingga kini, Indonesia tercatat menjadi negara peraih gelar terbanyak dengan 14 kali merebut Piala Thomas sejak pertama kali memenangi edisi tahun 1958 di Singapura.

Ketika terakhir merebut Piala Thomas tahun 2002 di Guangzhou, China, saat itu para pahlawan bulu tangkis Indonesia diterima Presiden Megawati Soekarnoputri dan kemudian diarak keliling Kota Jakarta.

Namun akibat pandemi COVID-19 yang belum berakhir, acara-acara yang melibatkan kerumunan orang banyak terpaksa ditiadakan termasuk selebrasi Piala Thomas.

PBSI menjadwalkan Piala Thomas ini akan ikut memeriahkan perhelatan Indonesia Badminton Festival 2021 di Nusa Dua, Bali pada 16 November-5 Desember.

Baca juga: Wagub DKI: gelar juara Piala Thomas kado peringatan Sumpah Pemuda
Baca juga: Menutup Oktober penuh warna, menyongsong November penuh asa

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021