Meski kasus sudah semakin berkurang, kita harus tetap fokus pada vaksinasi COVID-19
Kota Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta bupati dan wali kota fokus pada percepatan vaksinasi COVID-19 dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Meski kasus sudah semakin berkurang, kita harus tetap fokus pada vaksinasi COVID-19,” kata Rusdy Mastura di Palu, Kamis.

Menurut Rusdy, berdasarkan laporan Pusat Data dan Informasi Bencana (Pusdatina) COVID-19 yang dirilis setiap hari, beberapa daerah di Sulteng sudah nol kasus. Namun daerah tersebut masih berstatus pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 dan 3.

Baca juga: Epidemiolog Unsoed: Sistem jemput bola efektif percepat vaksinasi

Penetapan PPKM di Sulteng yakni level 1 Kabupaten Morowali, level 2 Kabupaten Morowali Utara, Buol, Banggai Laut, Tojo Una-una dan Kota Palu. Sedangkan PPKM level 3 yakni Kabupaten Banggai, Poso, Donggala, Toli-toli, Banggai kepulauan, Parigi Moutong dan Sigi.

“Ini karena sebaran vaksin di daerah itu masih sangat rendah sehingga penetapan PPKM di kabupaten atau kota itu masih 2 dan 3,” jelasnya.

Menurut dia, kasus COVID-19 beberapa daerah di Sulteng sebenarnya semakin menurun tetapi tidak diseimbangkan dengan sebaran vaksin kepada masyarakat. "Makanya saya minta bupati dan wali kota fokus,” katanya.

Selain percepatan vaksinasi, Gubernur Sulteng juga mengharapkan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 terus menyosialisasikan vaksin COVID-19 dan mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan saat melaksanakan kegiatan yang mengundang kerumunan.

"Jangan lengah, meskipun kasus semakin menurun, tetap harus menjaga protokol kesehatan dan masyarakat mau divaksin," terangnya.

Baca juga: Jakarta Selatan dorong swasta percepat vaksinasi 300 ribu warga

Rusdy mengapresiasi pemerintah kabupaten dan kota yang terus berupaya mendukung dan bekerja untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dan mempercepat vaksinasi.

"Saya harap vaksinasi ini sampai ke daerah-daerah terpencil juga," kata Rusdy.

Rusdy berharap warga yang belum divaksin segera datang ke gerai vaksin yang telah disediakan. "Mari dukung pemerintah dan mau divaksin untuk kesehatan kita dan keluarga kita,” ucap Rusdy.

Pewarta: Kristina Natalia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021