Jakarta (ANTARA) -
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melantik 122 Perwira Prajurit Karier, khusus tenaga kesehatan di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat.
 
Panglima TNI mengatakan, tenaga kesehatan (Nakes) merupakan jantung dari sistem kesehatan nasional.
 
Oleh karena itu, lanjut dia, diperlukan perhatian kepada pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan guna menjamin pemenuhan kebutuhan masyarakat.
 
Menurut dia, perwira akan kembali dituntut untuk segera siap melaksanakan tugas. Program pendidikan selanjutnya harus dapat dikombinasikan dengan pengabdian langsung di tengah masyarakat bila diperlukan.

Baca juga: Panglima TNI serahkan rumah untuk ahli waris kru KRI Nanggala 402

Baca juga: Presiden akan lantik Andika sebagai Panglima TNI pekan depan
 
"Di situlah letak perwujudan dari kode etik Perwira, Budhi Bhakti Wira Utama, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan moral dalam menapaki kehidupan keprajuritan," tutur Marsekal Hadi dalam siaran persnya.
 
Di masa pandemi COVID-19 ini, kata dia,.para Perwira sekalian juga merasakan sendiri, bagaimana pendidikan harus menyesuaikan dengan situasi yang ada.Sehingga, lembaga pendidikan dan siswanya harus beradaptasi dengan kondisi saat ini.

"Para Perwira sekalian adalah prajurit TNI yang mendapat kehormatan untuk merasakan penugasan di masyarakat secara langsung saat masih dalam pendidikan. Hal ini dapat dilihat dan dialami sendiri, kehadiran Prajurit TNI di tengah masyarakat sangat diperlukan untuk membantu mengatasi kesulitannya," ujar mantan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) ini menegaskan.
 
Adapun Perwira yang meraih predikat berprestasi di setiap Matra yaitu Letda CKM dr. Lambang Ksatria Bregas (TNI AD) mendapat penghargaan Trisura Jalu Wiratama, Letda Laut (K) dr. Wiliam Sugiharto (TNI AL) mendapat Penghargaan Trisura Jalu Wiratama dan Letda Kes dr. Nadief Akbar Azzami (TNI AU) mendapat Penghargaan Trisura Jalu Wiratama. Sedangkan dari Wanita Letda CKM (K) dr. Made A Sinta Mahastuti mendapat Penghargaan Trisura Wanodya Wiratama.

Baca juga: Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bangga kenang Surabaya
 
Sejumlah 122 Perwira Khusus Tenaga Kesehatan tahun anggaran 2021 tersebut terdiri dari 62 Perwira TNI AD (43 Pria dan 19 wanita), 40 Perwira TNI AL (34 Pria dan 6 Wanita), 20 Perwira TNI AU (18 Pria dan 2 Wanita).
 
Turut hadir pada acara tersebut, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono, Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Dankodiklat TNI Letjen TNI Madsuni, para Asisten Personel Angkatan dan Pejabat Utama TNI lainnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021