Padang (ANTARA News) - Muhammad Ifan Alfian, pelajar SMA Negeri 3 Batusangkar, Provinsi Sumatera Barat menjuarai lomba penulisan artikel "Sekolah Siaga Bencana" dengan tulisan berjudul "Membentuk Sekolah Yang Siaga Bencana" dalam lomba digelar Jaringan Jurnalis Siaga Bencana (JJSB) Indonesia bekerjasama dengan LSM World Vision.

Tulisan membahas kesiagaan sekolahnya dalam menghadapi gempa, banjir dan tanah longsor serta menceritakan materi pelajaran siaga bencana di SMAN 3 Batusangkar dinilai yang terbaik dan menyisihkan 23 artikel lainnya, kata Direktur Eksekutif JJSB Indonesia, John Nedy Setiawan di Padang, Jumat.

Artikel ditulis M Alfian dinilai yang terbaik oleh tiga orang juri dari 24 artikel yang masuk ke panitia lomba yang ditujukan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di kalangan anak didik.

Pemenang kedua, tulisan berjudul "Mitigasi Bencana Melalui Twitter dan Plurk Siaga Bencana" karya Dodi Prananda siswa SMA Negeri 1 Padang. Pemenang ketiga, artikel dengan tulisan "Siaga di Desa Kecilku" karya Ikhsan Adi Saputra pelajar SMAN 3 Pariaman.

Sementara itu, pelajar SMKN 2 Bukittinggi, Welly Refina ditetapkan sebagai juara harapan I dengan artikelnya berjudul "Kesiapan Tanggap Bencana" dan juara harapan II, Batara Pareto Deddy, pelajar SMAN 1 Padang dengan artikel berjudul, "Kita Tidak Bisa Mencegah Bencana itu Datang, Tetapi bisa Bersiap Menghadapinya".

Selain pemenang lima besar, juga terpilih lima artikel lainnya yang masuk 10 besar terbaik, yakni Novita Sari (SMKN 2 Bukittinggi) dengan tulisan "Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Pikiranku", Imam Agung surya Atmaja (SMAN 12 Padang) dengan tulisan "Kami Harus Tahu".

Kemudian, Yufebriana Fitri (SMAN 9 Padang) dengan tulisan "Melalui Bencana Yang Terjadi Kita Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Keimanan Kepada Allah", Wahyu Wihaedi (SMPN 12 Padang) dengan artikel "Jika Kita Siap, Kita Mudah Menghadapinya" dan Wilham Amdan (SMAN 1 Sungai Limau) dengan tulisan "Iman dan Ketakwaanku Menghadapi Bencana".

Ia menjelaskan, lomba artikel tingkat SLTA Se-Sumbar ini digelar bersamaan dengan lomba poster "Sekolah Siaga Bencana" untuk tingkat SD dan SLTP Se-Sumbar.

Lima pemenang lomba artikel tersebut akan menerima hadiah tabanas jutaa rupiah, piagam dan bingkisan menarik dari panitia.

Selain itu, 10 artikel berbaik selanjutnya akan dibukukan oleh JJSB bersamaan dengan poster-poster terbaik dalam lomba ini.(*)

(H014/M027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011