Patroli yang dilakukan sebagai bentuk upaya antisipasi dan mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19, seiring adanya peningkatan mobilitas penduduk di luar rumah.
Palu (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Provinsi Sulawesi Tengah menggencarkan patroli mengenai kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

"Kami tetap melaksanakan kegiatan rutin yaitu patroli ketertiban umum di pasar, cafe-cafe serta kantor-kantor pemerintahan," kata Kepala Satpol-PP Sulteng Mohamad Nadir, di Palu, Selasa.

Ia menyebut menurunnya level Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Sulawesi Tengah jangan sampai membuat semua pihak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Untuk itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sulawesi Tengah secara intens dan konsisten memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat terkait penerapan Prokes COVID-19," katanya.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura meminta semua pihak di provinsi tersebut agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, meski kasus COVID-19 di Sulteng menunjukkan penurunan yang sangat signifikan.

Menindaklanjuti hal itu, Satpol-PP, kata Nadir, melakukan kolaborasi bersama TNI/Polri dalam melakukan partoli kedisiplinan penerapan protokol kesehatan cegah COVID.

Ia juga menegaskan agar anggota Satpol-PP dapat menjadi contoh yang baik di tengah-tengah masyarakat yaitu disiplin dalam menerapkan prokes.

"Anggota Satpol-PP harus menjadi contoh yang baik, agar masyarakat mau dan disiplin menerapkan prokes. Dengan begitu, antisipasi pencegahan lonjakan kasus COVId-19, akan berjalan maksimal," demikian Mohamad Nadir.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Sulteng kembali naik, warga diimbau taati prokes

Baca juga: Airlangga: Vaksinasi dan disiplin prokes harus dilaksanakan bersama

Baca juga: Gubernur Sulteng minta bupati dan wali kota fokus percepatan vaksinasi

 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021