Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Fendiawan Triskiantoro bergerak cepat melihat kondisi dan membantu nelayan yang menjadi korban kebakaran belasan kapal di Pelabuhan Kota Tegal.

"Jadi sekarang kawan-kawan dari KKP lagi menuju dan kami dikirimi beberapa video saat kondisi kebakaran dan alhamdulillah semua merespona dan mudah-mudahan segera dibereskan," kata Ganjar di Semarang, Rabu.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu mengaku menerima laporan langsung dari beberapa nelayan terkait dengan kebakaran belasan kapal yang terjadi sejak Rabu dini hari itu.

Laporan yang diterimanya tersebut dari nelayan di Kota Tegal sejak pukul 01.30 WIB hingga pukul 07.00 WIB api masih belum bisa dipadamkan.

"Laporannya cukup lengkap dan sampai hari ini upaya-upaya pemadaman sedang dituntaskan dan kami lagi mendampingi, mudah-mudahan nanti segera bisa dibantu," ujarnya.

Ganjar akan terus memantau perkembangan serta berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tegal maupun Kabupaten Tegal.

Harapannya pendampingan segera dilakukan agar bisa diketahui kebutuhan yang bisa dikirim sebagai bantuan bagi para nelayan korban kebakaran kapal.

"Nanti kalau diperlukan bantuan segera kami bisa berkomunikasi dengan seluruh pihak. Kami langsung koordinasikan DKP kabupaten/kota terus kemudian nanti pusat dan kami yang berinisiatif untuk menjembatani," katanya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021