Kuala Lumpur (ANTARA) - Indonesia melalui PT Perkebunan Nusantara III Holding berhasil membukukan transaksi penjualan teh senilai 4 juta dolar AS atau Rp57 miliar pada penyelenggaraan Selangor International Expo Food and Beverage (SIE F&B) 2021.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dalam penjelasan melalui Atase Perdagangan KBRI Kuala Lumpur, Senin, mengatakan transaksi berlangsung pada pameran yang berlangsung secara hibrid pada 18—21 November 2021 di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC).

Secara simbolis transaksi di lokasi pameran dilakukan antara Asep Barkah dan Iman Bimantara mewakili PT Perkebunan Nusantara III Holding dengan Liew Choon Kong selaku Executive Director Kong Wooi Fong Tea Merchants Sdn Bhd, disaksikan Atase Persagangan KBRI Kuala Lumpur Deden Muhammad Fajar Shiddiq.

Didi Sumedi mengatakan partisipasi Kementerian Perdagangan dan PT PN III Holding pada pameran ini bertujuan untuk terus mendorong kinerja ekspor Indonesia ke Malaysia, khususnya sektor makanan dan minuman pascapandemi Covid-19.

"Transaksi yang terjadi pada pameran ini menunjukkan bahwa produk makanan dan minuman Indonesia sangat diminati pasar Malaysia,” ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono mengungkapkan SIE F&B 2021 merupakan pameran internasional pertama di sektor makanan dan minuman yang diselenggarakan secara hibrid.

"Antusiasme para pelaku usaha di Malaysia sangat tinggi setelah berbulan-bulan mengalami pembatasan oleh pemerintah. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang jauh melampaui perkiraan sebelumnya," katanya.

Deden Muhammad Fajar Shiddiq menyebutkan menurut data dari Departemen Statistik Malaysia, pada periode Januari–September 2021 total impor Malaysia untuk produk teh dari Indonesia sebesar RM 39,6 juta atau sekitar Rp134,8 miliar. Nilai ini naik 8,25 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Angka tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara asal impor teh kedua setelah China untuk Malaysia.

"Pada periode Januari—September 2021 impor teh Malaysia naik 4,1 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk terus meningkatkan penjualan teh Indonesia ke Malaysia. Kami menggandeng Asosiasi Teh Malaysia sebagai mitra untuk melakukan promosi teh di sini," jelas Deden.

Sementara itu Asisten Manager Marketing Division PTPN III Holding Asep Barkah mengatakan selama empat hari penyelenggaraan, produk teh PTPN III Holding banyak mendapatkan permintaan dari pengusaha teh di Malaysia.

Hal ini mengingat negeri jiran ini merupakan salah satu negara tujuan ekspor teh Indonesia.

"Volume ekspor teh curah (bulky) Indonesia ke Malaysia setiap tahun tercatat sekitar 8.500-9.500 ton. Pada SIE 2021 ini, kami berhasil mendapatkan tiga kontrak dengan nilai total sebesar empat juta dollar AS dan tidak menutup kemungkinan transaksi akan terus bertambah karena proses penjajakan telah berhasil dilakukan,” ujar Asep.

Saat ini, lanjutnya, perdagangan teh secara global mengalami persaingan yang cukup kompetitif.

Berbagai negara lainnya seperti Kenya, Sri Lanka, dan India berupaya juga untuk memasuki pasar Malaysia yang masyarakatnya mempunyai tingkat konsumsi teh cukup tinggi.

"Namun demikian, teh Indonesia masih menjadi primadona bagi masyarakat Malaysia dengan karakter mutu dan rasa yang sesuai dengan selera pasar Malaysia," katanya.

Vice President Indonesia Trade Association (ITA) Kandi Rahayu menambahkan selain teh pameran ini turut menghadirkan berbagai produk makanan dan minuman yang didistribusikan pebisnis Indonesia di Malaysia yang tergabung ITA.

Ada juga berbagai produk UKM yang didatangkan langsung dari Indonesia dan mendapatkan respons menjanjikan dari pelaku usaha di Malaysia.

"ITA akan terus berkolaborasi dengan para UKM di Indonesia untuk mendatangkan berbagai produk makanan dan minuman ke Malaysia karena memiliki peluang sangat tinggi. Ini mengingat jumlah diaspora Indonesia di Malaysia merupakan yang terbesar di dunia serta karakteristik pasar yang sangat cocok dengan produk-produk UKM Indonesia,” tutup Kandi.

Baca juga: Indonesia pemasok utama teh-kopi di Malaysia
Baca juga: Perlunya upaya mengangkat lagi teh Indonesia
Baca juga: Teh memainkan peran penting kurangi kemiskinan ekstrem

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021