BRIN hasilkan suplemen kesehatan tingkatkan daya tahan tubuh

id beta glukan,suplemen kesehatan,BRIN

BRIN hasilkan suplemen kesehatan tingkatkan daya tahan tubuh

Penanggung Jawab Bidang Kesehatan dan Pangan Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Soni Solistia Wirawan berbicara dalam webinar sebagai rangkaian acara Gelar Riset dan Inovasi Bidang Kesehatan dan Pangan 2021 pada hari kedua di Jakarta, Rabu (1/12/2021). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Jakarta (ANTARA) - Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menghasilkan suplemen kesehatan menggunakan beta glukan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh utamanya di masa pandemi COVID-19.

"Ini bisa melawan infeksi yang disebabkan virus, jamur, bakteri, parasit dan toksin, ini juga untuk penyintas kanker bisa untuk pencegahan," kata Penanggung Jawab Bidang Kesehatan dan Pangan OR PPT BRIN Soni Solistia Wirawan dalam webinar sebagai rangkaian kegiatan Gelar Riset dan Inovasi Bidang Kesehatan dan Pangan 2021 pada hari kedua di Jakarta, Rabu.

Baca juga: BRIN ciptakan produk berbasis black garlic mengandung anti-diabetes

Soni menuturkan suplemen kesehatan yang mengandung beta glukan hasil fermentasi bahan alam kacang hijau dengan ragi hitam itu diberi nama Whole Beta, dan dapat berperan sebagai imunomodulator, serta menekan replikasi virus dan menurunkan peradangan.

Beta glukan merupakan polisakarida yang memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain membersihkan radikal bebas, anti-radiasi, mengatasi kolesterol dan mencegah hiperlipidemia, serta melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, jamur, bakteri, parasit dan toksin.

Baca juga: OR PPT BRIN ciptakan produk pangan cegah stunting

Kemampuan beta glukan ragi hitam dalam membantu meningkatkan sistem imun adalah dengan cara mengaktifkan Sel B (untuk memproduksi Immunoglobulin M dan Immunoglobulin G) dan sel T (yang memproduksi interleukin-1 dan interleukin-8).

Dalam mendukung sistem kerja imun, beta glukan juga mampu meningkatkan ekspresi sensor virus yang efektif untuk pencegahan virus influenza (H1N1) dengan menghambat replikasi virus.

Baca juga: Organisasi Riset BRIN: Invensi harus sampai ke tahap komersialisasi

Selain itu, beta glukan juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan gula darah, membantu proses regenerasi jaringan serta sebagai antioksidan dan anti-osteoporosis.

Keunggulan Whole Beta adalah larut dalam air sehingga mudah dalam penggunaan, merupakan produk alami dan tidak menggunakan bahan tambahan maupun pengawet kimia.

Produk tersebut telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Kemkes harapkan BRIN gunakan TKDN tinggi dalam produk riset kesehatan

Baca juga: BRIN perkenalkan produk riset dan inovasi kesehatan-pangan pada publik


 

Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar