PMI Banda Aceh kumpulkan darah ribuan kantong selama November 2021

id Aceh,PMI,palang merah,donor darah,aksi kemanusiaan,sosial,kesehatan

PMI Banda Aceh kumpulkan darah ribuan kantong selama November 2021

Petugas unit transfusi darah PMI Kota Banda Aceh menunjukkan kantong darah saat aksi jemput bola donor darah, di Banda Aceh, Kamis (14/10/2021). ANTARA/Syifa Yulinnas

Banda Aceh (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh melalui Unit Donor Darah (UDD) berhasil mengumpulkan darah sebanyak 3.099 kantong sepanjang November 2021.

"Ini pencapaian tertinggi UDD PMI Banda Aceh selama masa pandemi COVID-19 untuk memenuhi kebutuhan darah harian di ibu kota provinsi Aceh," kata Kepala UDD PMI Banda Aceh dr Ratna Sari Dewi, di Banda Aceh, Kamis.

Ratna mengatakan, penyumbangan darah oleh masyarakat Aceh melalui UDD PMI bulan ini menjadi yang terbanyak sejak beberapa tahun terakhir. Terlebih selama masa pandemi dengan jumlah pendonor cenderung menurun.

Jika melihat grafik penyumbangan darah, kata Ratna, sepanjang 2021 rata-rata per bulan PMI Kota Banda Aceh hanya bisa mengumpulkan darah sebanyak dua ribu lebih kantong dari pendonor.

"Tapi di bulan ini jumlah donasi darah dari pendonor bisa mencapai tiga ribu lebih, itu pencapaian yang luar biasa," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Aceh serahkan mobil donor darah untuk PMI Banda Aceh
Baca juga: PMI Aceh tegaskan tak pernah menjual darah kepada masyarakat

Ratna menuturkan, saat ini PMI Kota Banda Aceh telah menyuplai darah ke 17 rumah sakit dan klinik yang tersebar di ibu Banda Aceh, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Jaya.

Sementara layanan kesehatan yang tersebar pada empat kabupaten tersebut membutuhkan darah harian sekitar 150 lebih kantong darah.

"Untuk Banda Aceh seharusnya 150 kantong darah per hari cukup. Tapi karena kita juga menyuplai darah untuk daerah lain, dan RSUDZA juga termasuk rumah sakit rujukan terbesar, jadi kita berusaha untuk memenuhi kebutuhan darah di situ," kata Ratna.

Dirinya berharap, UDD PMI Kota Banda Aceh bisa mempertahankan pencapaian ini dan terus melakukan kerja sama dengan berbagai instansi pemerintahan tingkat provinsi dan kota, serta pihak swasta untuk rutin menggelar aksi donor darah sebagai bagian dari program kemanusiaan.

Baca juga: Gubernur Aceh beri hadiah umrah untuk ASN donor darah sepuluh kali
Baca juga: Donor darah Pemprov Aceh kumpulkan 480 kantong darah

Dalam kesempatan ini, Ketua PMI Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengapresiasi tim UDD yang telah bekerja keras memenuhi kebutuhan darah harian untuk Banda Aceh dan sekitarnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah sukarela mendonorkan darah melalui PMI.

"Terima kasih kepada semua masyarakat, jajaran pemerintah dan Kodam. Ini membuktikan bahwa PMI sampai hari ini masih dipercaya oleh masyarakat. Kami terus berharap dukungan semua pihak untuk kemajuan dan kebermanfaatan organisasi PMI," kata Dedi.

Ke depan, PMI Kota Banda Aceh akan lebih memaksimalkan pelayanan dan gencar menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan donor darah rutin. Hal itu diharapkan mampu menarik minat serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk donor darah.

Baca juga: Kemenparekraf dan PMI Jakarta hadirkan 'Geber Donor Darah'

Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar